PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SDN 04 PAYAKUMBUH

Authors

  • Suci Rahmayani PGSD FIP Universitas Negeri Padang
  • Atri Waldi PGSD FIP Universitas Negeri Padang
  • Rafhi Febryan Putera PGSD FIP Universitas Negeri Padang
  • Farida S PGSD FIP Universitas Negeri Padang

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Outcomes, Pancasila Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v 8i3.3800

Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. 3(4), 1000–1004.

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas,

F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Model dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis) (Vol. 1).

Farida, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015, 1(1).

http://ejournal.unp.ac.id/index. php/prosidingpgsd/article/view File/4866/3825

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains di

sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar,1 (2).

Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). KONSEP MODEL PEMBELAJARAN.

Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, 3(1), 41–55.

https://doi.org/10.9644/scp.v1i 1.332

Putera, Rafhi F. Anita, Yesi. Lavida, Hasmai B. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Dengan Menggunakan Model Jigsaw Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 2 No. 1- Universitas Negeri Padang

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Edisi Pert). Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2021). Metodologi Penelitian. PustakaBaruPress.

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidika : Perhitungan,

Penyajian, Penjelasan, Penfsiran, dan Penarikan Kesimpulan (E. Pertama (Ed.)). RajaGrafindo Persada.

Tibahary, A. R., & Muliana. (2020).

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF.

Journal of Pedagogy, 1(3), 54–

Waldi, Atri dkk. (2023). Konsep Dasar

PKN SD. Jawa Tengah: Tahta

Media Group.

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. 6(3),

–3593.

Downloads

Published

2024-08-21

Most read articles by the same author(s)