PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN ALAT PERAGA BUCANEL TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DI KELAS 1 MI AL MUSTAJAB

Authors

  • Like Feni Krisdiana Universitas Ngudi Waluyo
  • Anni Malihatul Hawa Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.18028

Keywords:

Example Non Example, Alat Peraga Bucanel, Keaktifan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contoh Non Contoh berbantuan alat peraga Bucanel terhadap keaktifan siswa Kelas 1 MI AL MUSTAJAB. Penelitian ini termasuk jenis desain Kuasi Eksperimen terhadap responden yang telah ditentukan berdasarkan jumlah sampel yang sudah diambil. Teknik pengumpulan data berupa konsep tertutup. Angket dengan alternatif jawaban Ya dan Tidak.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validasi dan uji reabilitas yang diuji dengan bantuan SPSS. Populasi yang digunakan penelitian ini yaitu siswa kelas 1 berjumlah 1A 28 siswa dan 1 B 30 siswa. Dalam model pembelajaran ini siswa mengungkapkan, dan dalam kelompok tersebut siswa akan berdiskusi dengan teman kelompoknya untuk menganalisis contoh yang diberikan oleh guru kepada siswa. Berdasarkan hasil data angket keaktifan siswa di atas yang telah diperoleh menunjukkan bahwa sikap Aktivitas rata-rata 71%, lisan rata-rata 76%, mendengar rata-rata 78%, menulis 86%, gerak mencapai 77%, mental 79%, dan emosi 71%. Hasil uji Regresi Linear Sederhana dengan nilai signifikasi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 0,05. Peningkatan pengaruh model pembelajaran Sample Non-Example berbantuan alat peraga bucanel terhadap keaktifan siswa. Perihal ini dibuktikan dengan hasil Uji Paired sampel T-Test dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Contoh Non Contoh berbantuan alat peraga Bucanel di Kelas 1 MI AL MUSTAJAB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Hawa, A. M., & Subyantoro. (2019). Analisis Wacana Lisan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pascasarjana, 2011, 910–914. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/255

Jusnita, S., & Ginting, B. (2020). Educational Journal of Elementary School Volume 1 Nomor 2 Tahun 2020 Pengembangan Modul Ppkn Menggunakan Model Example Non Example Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. 1, 7–12.

Pusparini, D. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA SERANG The Effect of Example Non Example Learning Model on Increasing Knowledge. NUTRIZIONE, 03, 30–42.

Razak, R. (2022). PENGARUH EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BULUKUMBA. Jurnal Ekonomektriks (Ekonomi, Manajemen, Akuntansi), 5.

Downloads

Published

2024-12-31