PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MICROSITE SID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DASAR SISWA SMP

Authors

  • Oktaviani Adhy Suciptaningsih Universitas Negeri Malang
  • Dinazat Gita Alfina Universitas Negeri Malang
  • Erma Laelatul Zahroq Universitas Negeri Malang
  • Fitri Ayu Sri Winarni Universitas Negeri Malang
  • Fitriyani Dolu Universitas Negeri Malang
  • Ica Motiara Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17986

Keywords:

differentiate, microsite sid, basic literacy

Abstract

This research aims to develop a differentiation approach through microsite.id to improve basic literacy in class VII with a total of 150 students at SMP Negeri 1 Malang. This aims to increase the literacy of junior high school students, maximize the application of differentiation based on learning needs and student characteristics through the development of interactive learning media, namely microsite.id. The research method used by researchers is Research and Development (RnD) with the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Data collection techniques were carried out through observation, interviews and documentation and data analysis using qualitative descriptive statistical data analysis techniques. The advantage of this research proposal is that the S.id microsite-based learning model allows for differentiation of learning according to student needs through the content presented, so that it can encourage an increase in students' basic literacy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina, D. G., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Penerapan microsite pada materi status, peran sosial, diferensiasi dan stratifikasi sosial untuk meningkatkan literasi digital serta literasi budaya dan kewarganegaraaN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3772-3783.

Dapa, A. N. (2020). Differentiated Learning Model for Student with Reading Difficulties. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 82-87

Dian Aprelia Rukmi, Firotun Nisa, A., Yustina, A., Vitriani, D., & Nurhayati, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menumbuhkan Percaya Diri Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 798–810.

Dolu, F., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Penerapan microsite sid dalam meningkatkan hasil belajar dan literasi dasar pada materi sejarah lokal mata pelajaran ips. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3803-3813.

Ermawati, E., Komarayanti, S., & Purwaningsih, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas X.2 SMAN Rambipuji. Jurnal Biologi, 1(2), 1–11.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan literasi digital pada pembelajaran ips di sd kelas tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28.

Iftakhul Kalimatul Jannah, Oktaviani Adhi Suciptaningsih. (2013). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL Pada Kurikulum Merdeka Muatan IPS. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,6(8),(6164-6172)

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Motiara, I., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Penerapan microsite berbasis pbl pada materi pengelolaan keuangan keluarga untuk meningkatkan literasi digital dan literasi finansial siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3610-3627.

Nadia Syafira (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untik Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1)

Nurfalah, E., & Rahayu, P. (2023). Microsite-Based Mathematical Statitics Educational Media to Incsrease Student Study Motivation after the Covid-19 Pandemic. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v7n1.p67-74

Winarni, F. A. S., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Penerapan microsite berbasis pbl pada materi uang, pendapatan, tabungan, investasi dan literasi keuangan untuk meningkatkan literasi digital serta literasi finansial. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4097-4110.

Zahroq, E. L., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Implementasi problem base learning berbantu microsite s. Id pada pembelajaran ips untuk meningkatkan literasi digital dan literasi budaya kewarganegaraan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3690-3704.

Downloads

Published

2024-11-22