PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN DENGAN BANTUAN MEDIA PAPAN PECAHAN VELCRO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17964Keywords:
Hasil belajar, PBL, Media papan pecahan velcroAbstract
Pembelajaran pecahan di sekolah dasar sering kali menantang siswa karena sifatnya yang abstrak dan kompleks. Untuk mengatasi kesulitan ini, diperlukan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning atau PBL) dengan media papan pecahan velcro untuk meningkatkan hasil belajar matematika pecahan siswa. PBL adalah metode yang menekankan pemecahan masalah nyata sebagai cara untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa melalui proses penelitian, eksplorasi, dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana integrasi PBL dengan papan pecahan velcro dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pecahan. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dianalisis dengan tehnik statistic kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model PBL dengan media papan pecahan Velcro terbukti dari hasil rata-rata kelas meningkat dari prasiklus 61, 43 meningkat siklus I sebesar 73,32 dan pada siklus II meningkat 90,18. Simpulan penelitian adalah diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar utamanya pada siswa kelas II SDN 1 Manisrejo. Implikasi penelitian ini adalah siswa terlibat dalam kegiatan belajar, dilatih untuk terus bekerja sama dll. Penelitian ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkolaborasi, menggunakan multisensori, dan menciptakan variasi dalam metode belajar.Downloads
References
Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Nanggulan. Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007
Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980). Problem-based learning: An approach to medical education. Springer Publishing Company.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn?. Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Van de Walle, J. A. (2004). Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally (5th ed.). Pearson Education, Inc.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Kata Pena.
Ahmad Hadi (2019). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Penerbit Erlangga.
Syaiful Anwar dan Nurul Hidayah (2018). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Defiyanti, & Sumarni, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Phenomenon, 09(2), 206–218. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4200
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580
Adawiyah, R. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i1.1604
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.