DAMPAK ORGANISASI EKSTRA KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN LAMA STUDI MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN FKIP UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17921Keywords:
Organisasi Ekstra Kampus, Prestasi Belajar, Manajemen Waktu, Mahasiswa PPKnAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling, dimana sampel diambil berdasarkan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi PPKn angkatan 2017, 2018, dan 2019. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak organisasi ekstra kampus terhadap prestasi belajar dan lama studi mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Pattimura Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan dalam organisasi ekstra kampus memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dan lama studi mahasiswa. Mahasiswa yang mampu mengelola waktu antara kegiatan akademik dan organisasi cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik dan menyelesaikan studi tepat waktu. Namun, beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam mencapai keseimbangan tersebut. Faktor-faktor seperti motivasi, minat, bakat, metode belajar, fasilitas studi, pengelolaan waktu, dan lingkungan mempengaruhi prestasi belajar dan masa studi mahasiswa. Disarankan agar mahasiswa PPKn mengembangkan kemampuan manajemen waktu yang baik, berkomunikasi aktif dengan dosen, dan selalu mengevaluasi prioritas untuk menjaga keseimbangan antara kegiatan akademik dan organisasi.Downloads
References
Magfirah, I., & Prafitriyani, S. (2019). Pengaruh Organisasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru ( Uniqbu ). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 828–837. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/9794
Ratuanak, Andreas Maria Damasus, (2005). Dampak Pemberian Bantuan Likuiditas Bank Indonesia terhadap Peubahan Harga Saham Industri Perbankan Nasional di Bursa Efek Jakarta, Tesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.
Rusman Efendi, “Salinan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa”. http://rusmanefendi.files.wordpress.com, 2010/01/01//html. Diakses 29 Juni 2024 Pukul 21.40 WIT
Saepuloh, D. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi terhadap Prestasi Mahasiwa di FKIP Universitas Islam Syekh-Yusuf. JIPIS, 25(2), 27-38.
Silvia Sukirman. (2004). Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Pelangi Cendekia, Jakarta.
Slameto.2010.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sutio Moh. Ibnu Abdillah. (2022). Pengaruh Keikutsertaan Di Dalam Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.
Sutratinah Tirtonegoro. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.
Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Nomor 33).
Zendrato, W., & Laia, Y. (2018). Pengaruh Organisasi Kemahasiswaa terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nias Selatan Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 46–47.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.