PENGARUH MODEL PJBL BERBASIS PROYEK CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17812Keywords:
model pjbl, proyek cerita, keterampilan menulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PJBL berbasis proyek CERITA terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SDN 2 Payungsari. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pre-test - post-test. Penelitian dilakukan di SDN 2 Payungsari pada siswa kelas V dengan sampel sebanyak 23 siswa. Mereka diberikan perlakuan menggunakan model PJBL berbasis proyek CERITA. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan menulis cerita meliputi tes (rubrik), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji T paired sample t-test memberikan hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05. Berdasarkan kriteria keputusan, Sig.(2-tailed) < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penerapan model PJBL berbasis proyek CERITA berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas V.Downloads
References
Arikunto (2019). Prosedur Penelitian: Rineka Cipta
Sugiyono (2016). Metode Penelitian: Alfabeta
Adnan, A., Adnan, A., Setiawan, F., & Naila, I. (2023).
PENERAPAN MODEL PROJECT
BASED LEARNING (PjBL) PADA
PEMBELAJARAN
PENULISAN CERPEN KELAS VI
SD MUHAMMADIYAH 26
SURABAYA.
Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal
Kajian Pengembangan Pendidikan,
(1).
Atmojo, E. R. D. (2020). Pengembangan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas
Billy, G., Sutrisna, B., Wayansujana, I., & Ganing, N. N. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING BERLANDASKAN TRI HITA KARANA BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS. Jurnal Adat Dan Budaya.
Cyndiani, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2022). ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA BUKU SISWA TEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan
Dessy Eriyani, N. (n.d.). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi.
Failasufa, F., & Nuryatin, A. (n.d.). 539 PROBLEMATIKA BAHASA INDONESIA YANG KURANG DIMINATI OLEH PESERTA DIDIK
Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). EDUKASI MANFAAT LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI SMK PGRI 3 BOGOR.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.