PENGARUH MODEL PJBL BERBASIS PROYEK CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA

Authors

  • Ulpa Pitriani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dadang Cunandar STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17812

Keywords:

model pjbl, proyek cerita, keterampilan menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PJBL berbasis proyek CERITA terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SDN 2 Payungsari. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pre-test - post-test. Penelitian dilakukan di SDN 2 Payungsari pada siswa kelas V dengan sampel sebanyak 23 siswa. Mereka diberikan perlakuan menggunakan model PJBL berbasis proyek CERITA. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan menulis cerita meliputi tes (rubrik), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji T paired sample t-test memberikan hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05. Berdasarkan kriteria keputusan, Sig.(2-tailed) < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penerapan model PJBL berbasis proyek CERITA berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto (2019). Prosedur Penelitian: Rineka Cipta

Sugiyono (2016). Metode Penelitian: Alfabeta

Adnan, A., Adnan, A., Setiawan, F., & Naila, I. (2023).

PENERAPAN MODEL PROJECT

BASED LEARNING (PjBL) PADA

PEMBELAJARAN

PENULISAN CERPEN KELAS VI

SD MUHAMMADIYAH 26

SURABAYA.

Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal

Kajian Pengembangan Pendidikan,

(1).

Atmojo, E. R. D. (2020). Pengembangan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas

Billy, G., Sutrisna, B., Wayansujana, I., & Ganing, N. N. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING BERLANDASKAN TRI HITA KARANA BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS. Jurnal Adat Dan Budaya.

Cyndiani, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2022). ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA BUKU SISWA TEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan

Dessy Eriyani, N. (n.d.). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi.

Failasufa, F., & Nuryatin, A. (n.d.). 539 PROBLEMATIKA BAHASA INDONESIA YANG KURANG DIMINATI OLEH PESERTA DIDIK

Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). EDUKASI MANFAAT LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI SMK PGRI 3 BOGOR.

Downloads

Published

2024-10-04