MEMBANGUN KARAKTER MELALUI LITERASI BUDAYA DAN KEBANGSAAN PADA PESERTA DIDIK SDN SIWALAN

Authors

  • Jilan Hanun Imtiyas Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Sutarman SDN Siwalan
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17779

Keywords:

Karakter, Literasi Budaya, Literasi Kebangsaan

Abstract

Pembentukan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar merupakan bagian integral dari pendidikan yang menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan literasi budaya dan kebangsaan dalam membangun karakter pada peserta didik SDN Siwalan. Literasi budaya dan kebangsaan diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan sikap dan nilai-nilai positif pada anak-anak, termasuk rasa cinta tanah air, penghargaan terhadap budaya lokal, dan kesadaran sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi budaya dan kebangsaan secara konsisten dalam kegiatan belajar mengajar mampu meningkatkan pemahaman peserta didik tentang identitas budaya dan nasional serta memperkuat karakter mereka. Penelitian ini menyarankan perlunya integrasi lebih lanjut dari literasi budaya dan kebangsaan dalam kurikulum sekolah dasar untuk mendukung pembentukan karakter yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., ... & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media N. M. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media.

Atmojo, S. E., & Lukitoaji, B. D. (2020). Pembelajaran Tematik Berbasis Etnosains Dalam Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 105-113

Haifarashin, R., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan Melalui Program LEKSAM BEDAS di SDN Cipaku 03 Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 208-215.

Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269-279.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Maulida, R., Nadiya, D. Z., Annisa, K., Dewi, Y. K., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Budaya Indonesia Dalam Pembelajaran Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(1).

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).

Oktavianti, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas kajian kearifan budaya lokal di sekolah dasar melalui gerakan literasi sekolah. Kudus: Universitas Muria Kudus, 1(4), 36-41.

Pramana, A. M. E., & Trihantoyo, S. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9 (3), 764-774.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214.

Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 10-20.

Rahmat, O. (2020). Penanaman Karakter Semangat Kebangsaan Melalui Pengamalan Sila Persatuan Indonesia Di Kelas IV SD Negeri 111/1 Muara Bulian (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Safitri, S. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(02), 154-163.

Ulya, V. F., & Anisah, Z. (2021). Pembentukan nilai karakter integritas melalui gerakan literasi sekolah pada anak MI/SD. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 43-56.

Downloads

Published

2024-09-12