PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF IPA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MAIWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17777Keywords:
Pengembangan, Game Edukatif, IPA, Zat dan Perubahannya, ADDIE, Pembelajaran InovatifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan game edukasi sains yang berpusat pada materi Zat dan Perubahannya, yang secara khusus dirancang untuk siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Maiwa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan, khususnya menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yang berbeda: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Validasi media mencapai skor 82%, sedangkan validasi materi mencapai skor 84%, keduanya termasuk dalam kategori "sangat valid". Uji coba siswa menunjukkan bahwa permainan ini sangat efektif dalam meningkatkan proses belajar siswa. Penilaian kepraktisan oleh guru menghasilkan skor 95%, sedangkan penilaian oleh siswa menghasilkan skor 83%. Hasil uji validasi dan uji kepraktisan menunjukkan bahwa game edukasi yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran.Downloads
References
Azis, A. A., & Hidayat, S. (2022). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(2).
Hamria Hamka, H. H. (2022). Game Edukasi Untuk Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII Berbasis Android. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 9(1), 274–288. doi: 10.35957/jatisi.v9i1.1491
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. doi: 10.47492/jip.v1i4.152
Sitohang, D. (2021). Pengaruh Game Online Bagi Hasil Belajar Peserta Didik. Diambil 26 Januari 2024, dari http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1401/4/BAB%20II..pdf
Yunita, E. (2019). Positif Negatif Game Online. Diambil 26 Januari 2024, dari https://eprints.unhasy.ac.id/205/18/19.%20Positif%20_%20Negatif%20Game%20Online.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.