PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS III SDN 09 SURAU GADANG

Authors

  • Sri Ayu Mutia Nengsih Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17641

Keywords:

PTK, SCIENCE, LEARNING OUTCOMES, PBL

Abstract

ABSTRACT This research was motivated by the low learning outcomes of class III B students in Sciences learning at SD Negeri 09 Surau Gadang. This research aims to improve the learning outcomes of class III students using the Problem Based Learning (PBL) model in science learning at SD Negeri 09 Surau Gadang. The type of research used is Classroom Action Research (PTK). This research consisted of two cycles, in one cycle there were two meetings. The research subjects were 23 students in class III B of SD Negeri 09 Surau Gadang, 10 male students and 13 female students. The research instruments used in this research were teacher activity observation sheets and end-of-cycle test questions. The research results showed that the percentage of teacher activities in cycle I in cycle I averaged 87.5%, while in cycle II it increased with an average percentage of 92.5%. The increase in completeness of learning outcomes in cycle 1 was 7 people out of 23 students with a percentage of 30.43%, increasing to 19 students out of 23 students with a percentage of 78.04% in cycle II. Based on the results of this research, it can be concluded that science learning using the Problem Based Learning (PBL) model can improve the learning outcomes of class III B students at SD Negeri 09 Surau Gadang.   ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III B pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 09 Surau Gadang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III dengan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA di SD Negeri 09 Surau Gadang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dalam satu siklus terjadi dua kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas III B SD Negeri 09 Surau Gadang yang berjumlah 23 orang siswa, laki-laki berjumlah 10 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan soal tes akhir siklus. Hasil penelitian diperoleh persentase kegiatan guru pada siklus I siklus I rata-rata persentase 87,5%, sedangkan pada siklus II meningkat dengan rata-rata persentase 92,5%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siklus 1 sebanyak 7 orang dari 23 siswa dengan persentase 30,43%  meningkat  menjadi 19 siswa dari 23 siswa dengan persentase 78,04% Pada siklus II.   Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SD Negeri 09 Surau Gadang.                                               

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ka’u, H. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Watutura Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3329-3335.

Noviati, W. (2023). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA di SD. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19-27.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal mitra pendidikan, 1(4), 369-379.

Nurjannah, A. (2019). Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Pertama. Raudhah Pround To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 33-42

Pemerintah RI. (2006). Undang-undang No 22 Tahun 2006 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Pemerintah RI.

Ramadhani, P. S. (2019). Konsep Dasar IPA. Jawa barat: Yiesa Media Karya

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Rusmono. (2020). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7-17.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sappaile, B. I., Pristiwaluyo, T. Deviana, I. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa

Yustina, & Mahadi, I. (Klaen). (2021). Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thinking (HOTS

Downloads

Published

2024-09-16