PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS BUDAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 7 SERUKAM
Keywords:
Model discovery learning, kemampuan pemahaman konsep matematis, materi bangun ruangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas yang diberikan model Discovery Learning berbasis budaya dengan kelas yang tidak diberikan model Discovery Learning Berbasis Budaya 2) mengetahui seberapa besar pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap model Pembelajaran Discovery Learning berbasis budaya pada kemampuan pemahman konsep matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang. jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 7 Serukam yang berjumlah 34 orang. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik acak sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal. Teknik analisis data menggunakan uji T-tes dan Effect Size. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa : 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbasis budaya dengan kelas yang tidak menggunakan metode pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T-tes yaitu diperoleh nilai thitung = 1, 754 dan ttabel = 2,199. penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbasis budaya berpengaruh besar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang . Hal ini ditunjukkan dengan hasil besarnya efek yang diperoleh dari hasil perhitungan uji effect size yaitu sebesar (2,333) > 0,8. 3) respon siswa positif terhadap model pembelajaran discovery learning berbasis budya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDN 7 Serukam dengan persentase 87% kategori sangat tinggi. Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran discovery learning berbasis budaya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 7 Serukam.Downloads
References
Ahmadiyanto, A. (2014). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Squer Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan System Pemerintahan Indonesia Kelas VII C SMP Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan kewarganegaraan , 6(2), 980-993.
Arikunto, Suarsimi. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Erikunto. C. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hossnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad-21. Bogor: Ghalia Indonesia Nasional.
Hutabarat, R. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Talk- Write (TTW) Berbantuan Autograph Dengan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Autograph Di SMA Negeri 1 Panurbatu Tahun Ajaran 2017/2018. Doctors Disertation: UNIMED.
Hutagalung, R. (2017). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Model Guided Discovery Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1 Tukak. PYTHAGORAS. Jurnal Of The Mathematics Education Study Program, 6(1).
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniasih, I., Dkk. (2014). Perencanaan Prosedur Pembuatan RPP Yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT.
Maihatul, A. I. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandarlampung Tahun Ajaran 2014/2015.
Melisasari, M. Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y.,& Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika SD Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendikia Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172-182.
Mentari, W., & Achmad, A. (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Broterdidik : Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(6).
Novanto, Yogi Prasetya (2021). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika.
Ntjalama, K., M., & Mardiyanto, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Negeri 4 Bekasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 13-20.
Rachmawati, fitri. (2018). Penerapan Model pembelajaran Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Karakter Nasionalisme Pada Generasi Z. 40. Universitas Muria Kudus, Magelang.
Sardiman , A, M. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Syah. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.