EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17564Keywords:
Model Problem Based Learning, Bola Voli, Servis BawahAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas model Problem Based Learning terhadap kemampuan servis bawah bola voli kelas VII SMP Negeri 1 Klari. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Klari yang berjumlah 472 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini kelas VII I dan kelas VII D dengan jumlah peserta didik masing-masing 39 peserta didik. Bentuk desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian ini menggunakan instrument tes hasil servis bawah yaitu (AAHPER serving accuracy test) Berdasarkan hasil analisis data terhadap perlakuan yang dilakukan menunjukkan kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli pada kelompok eksperimen dengan model problem based learning diperoleh rata-rata 43,38 dengan nilai tertinggi 80. Sedangkan kelompok kontrol yang tidak dilakukan treatment memiliki nilai rata-rata 28,41, dengan nilai tertinggi 56. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,799 dan nilai signifiknsi 0,003. Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil dari 0,05, maka dapat dikatakan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil postest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning model memiliki pengaruh dan efektif untuk meningkatan kemampuan servis bawah bola voli pada kelas VII SMP Negeri 1 Klari.Downloads
References
Arif, K. andri. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Smash Normal Bolavoli Pada Siswa kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Sportif, 2(1). JURNAL SPORTIF ISSN, 2, 13–35.
Hulu, A. C., Liliana Puspa Sari, & Ibrahim Sembiring. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Lob permainan Bulu Tangkis Dengan Menggunakan Metode Problem Base Larning. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 1(1), 27–36. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49167%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/49167/1/Fulltext.pdf
Irwanto, E. (2017). Pengaruh Metode Resiprokal dan Latihan Drill Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 10–20. http://www.journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/570
Rahayu, Ega, T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2nd ed.). ALFABETA, cv.
Rahmayanti Dewi, Resti Gustiawati, & Rolly Afrinaldi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang. Journal Coaching Education Sports, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.31599/jces.v1i2.327
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.