PERAN KEGIATAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI KEMANDIRIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT NURUL ISLAM SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17344Keywords:
Kegiatan Pramuka, Nilai KemandirianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui seperti apa peran kegiatan Pramuka bagi penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Singkawang, 2) Untuk menganalisis apa saja hambatan dalam penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Singkawang, 3) Untuk mengetahui upaya meminimalisir hambatan yang terjadi dalam penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Singkawang. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Singkawang dengan Teknik pengambilan subjek purposive sampling. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran kegiatan pramuka bagi penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V di SDIT Nurul Islam Singkawang berjalan dengan baik dimana persentase kemandirian peserta didik 60% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2) Hambatan dalam penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V di SDIT Nurul Islam Singkawang yaitu waktu yang terbatas dalam penanaman kemandirian, lingkungan sosial di sekolah dan di rumah, pola asuh orang tua, dan lingkungan teman sebaya yang tidak mendorong kemandirian, 3) Upaya meminimalisir hambatan yang terjadi dalam penanaman nilai-nilai kemandirian peserta didik kelas V di SDIT Nurul Islam Singkawang dilakukan dengan beberapa cara yaitu, Pertama adalah pendekatan personal. Kedua, menciptakan lingkungan yang positif. Ketiga, melakukan evaluasi. Keempat, melibatkan orang tua dalam proses pendidikan kemandirian.Downloads
References
Ajirna, A., & Hasan, H. (2018). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Di SD Negeri 20 Banda Aceh. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 3, 46–52.
Elisa, Prasetyo, & Hadi. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121.
Erliani, S. (2017). Peran Gerakan Pramuka untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 35-52.
Isnaini, P. I. N. (2017). Konstribusi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Siswa Aktif, Kreatif, dan Inovatif pada Kehidupan Sehari-hari di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kecamatan Kaliwates. Jember: IAIN Jember
Japar, M., Zulela, M. S., & Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Karakter Jujur Disiplin dan Bertanggung Jawab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 160-71.
Khotijah, I. (2018). Peningkatan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life. Jurnal Golden Age, 2(02), 127-140.
Nisak, N. M., Kholis, N., & Khoiriyah, N. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negara Singapura, Jepang dan Korsel Beserta Dampaknya Terhadap Pendidikan di Sekolah Dasar di Negara Indonesia. Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 103-119.
Prasetya, Y. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Basic Education, 8(8), 802-813.
Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ummah, R., Majid, M. N., & Kuswanto, F. (2023). Penerapan Karakter Kemandirian Melalui Kegiatan Pramuka pada Kelas IV:(Studi Kasus Di MI Nadlatul Ulama Sumokali). Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2).
Wafiyah, A. A. (2018). Upaya Pembina Pramuka dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Siswa di MI Salafiyah Barek Kebon sari Madiun. (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo), 3, 1–13
Yuliana, Y., Putra, M. J. A., & Antosa, Z. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Sekolah Dasar dalam Mengikuti Aktivitas Pramuka Penggalang. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 210-226.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.