PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD DI KELAS IV SD NEGERI 19 ATTS KOTA BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17324Keywords:
Hasil Belajar, Make a Match, Couple Card, IPASAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, pelaksanaan pembelajaran cenderung berpusat pada guru, belum menggunakan media interaktif, belum diterapkan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS menggunakan model Make a Match berbantuan media Couple Card di kelas IV SDN 19 ATTS Bukittinggi. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II yang terdiri dari 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a)Modul ajar siklus I dengan rata-rata 89,28%(B) dan siklus II 96.42%(SB), b)Pelaksanaan aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 84,37%(B) dan siklus II 93.75%(SB), sedangkan aktivitas peserta didik siklus I 84,37%(B) dan siklus II 93,75%(SB), c)hasil penilaian sikap yang menonjol siklus I sikap positif 5 orang, sedangkan sikap negatif 5 orang dan siklus II sikap positif 3 orang, sedangkan sikap negatif 1 orang, d)hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 75,51(C) dan siklus II 89,07(B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Make a Match berbantuan media Couple Card dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 19 ATTSDownloads
References
Dwi Arista, Lisa, dan Sri Sedar Marheni. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas XI Multimedia Semester Ganjil SMK Muhammadiyah 1 Genteng. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) 3 (1)
Kemendibudristek. 2022. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka mengajar.
Mubarok, Nanda Nasrul & Mintohari. 2023. Pengembangan Media Couple Card untuk Memperbaiki Miskonsepsi dalam IPA pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jpgsd, 802
Rahmatina & Eliyasni, R. 2021. Teori dan Praktik Cooperative Learning di SD. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Salsabilla, Nurul & Hamimah. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Siagian & Nurfitriyanti. 2015. Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
T. Anesti & Hamimah. 2023. Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Make a Match Di Kelas IV SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Miaz, Yalvema, Zuardi, R. Putra. 2020. Pelatihan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan.
Yusnaldi, Eka. dkk. 2023. Hakikat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.