PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI RAGAM HIAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Mutimedia Interaktif, Articulate Storyline 3, Model ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi bahwa kurangnya inovasi terhadap media pembelajaran yang menggunakan teknologi. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran berupa alat peraga yang ada di lingkungan peserta didik dan bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Articulate Stooryline 3 pada pembelajaran seni rupa materi ragam hias di kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu, meliputi analisis (analisis), desain (perancangan), pengembangan (pengembangan), implementasi (penerapan), dan evaluasi (evaluasi). Data penelitian ini menggunakan uji validasi, uji praktikalitas, dan uji efektifitas Subjek uji coba penelitian dilakukan di SDN 15 Ulu Gadut, kemudian dilanjutkan dengan penelitian di SDN 03 Bandar Buat. Hasil dari penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Stooryline 3 pada pembelajaran seni rupa materi ragam hias di kelas V Sekolah Dasar adalah valid dengan rata-rata sebesar 90,99% dengan kategori “Sangat Valid”. Untuk hasil praktikalitas di sekolah uji coba diperoleh angket respon guru sebesar 97,14% dan pada angket respon peserta didik sebesar 92,58%. Pada sekolah penelitian diperoleh angket respon guru sebesar 98,57% dan pada angket respon peserta didik sebesar 95,61%. Uji efektifitas yang dilakukan berupa tes evaluasi pada sekolah uji coba diperoleh sebesar 87,5%. Sedangkan pada sekolah penelitian diperoleh persentase efektifitas sebesar 89,25%.Downloads
References
Angga, dkk. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(4), 5877–5889.
Aulia, A., & Masniladevi. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 1.
Aulya, E, E, & Hamimah. (2023). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (TCL) pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan dan kearifan Lokal. Vol 3 No 2.
Darnawati, D., dkk. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780
Hamzah, P., dkk. (2022). Media Pembelajaran. Gunungsari: Badan Penerbit UNM.
Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. (2019, December). Jigsaw using animation media for elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1424, No. 1, p. 012027). IOP Publishing.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525
Pratomo, A. (2019). Media Interaktif Berbasis Android. Banjarmasin. Polipan Press.
Reinita, & Fitria, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi dengan Aplikasi Adobe After Effect Kelas IV Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 13 (2), 98–101.
Rianto. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1). https://doi.org/10.24235/ileal.
Salwani, R & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas Va SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 1.
Syafira, S., & Ahmad, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran SAC (Smart Application Creator) dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 7 Nomor 2.
Yunisrul, Desyandri dan Purnamasari, Juita. 2018. Peningkatan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Scientific Di Kelas I Sdn 15 Ulu Gadut Kota Padang. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD: Volume 6. Nomor 1.
Yunisrul. (2020). Pembelajaran Seni Rupa di SD. Yogyakarta: Cv. Budi Utama.
Zahir, A., dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2 (2), 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.