MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA LITERACY CLOUD PADA SISWA KELAS IV DI SDN 3 BILATO KABUPATEN GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.17216Keywords:
Membaca, Media Literacy CloudAbstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah ada peningkatan kemampuan membaca siswa melalui media Literacy Cloud pada siswa kelas IV di SDN 3 Bilato Kabupaten Gorontalo?”. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes membaca dan dokumentasi dengan subjek penelitin siswa kelas IV di SDN 3 Bilato Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan observasi awal dari 21 siswa 10 siswa atau 47% siswa masih kurang dalam membaca. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil pelaksanaan tindakan kelas siklus I sebanyak 2 pertemuan dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Hal ini dibuktikan pada pertemuan pertama siklus I capaian 21 siswa dalam membaca memperoleh 32% atau 7 siswa yang meningkat dalam membaca. Siklus I pertemuan 2 dalam membaca siswa memperoleh 43% atau 10 siswa meningkat dalam membaca. Siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 13 siswa atau 69% dalam membaca. Pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan membaca siswa meningkat menjadi 94% atau 19 siswa sudah mampu dalam membaca. Dengan demikian, melalui media Literacy Cloud dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV di SDN 3 Bilato.Downloads
References
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Pendidikan. 3(5), 2336–2344.
Benedicta, A., Fitrianti, A., Apriliana, C., & Apriani, Y. (2021). Literacycloud : Alternatif Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Proseding Didaktis 6: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 6(1), 49–57.
Ernawati, Y., Muchti, A., Hidajati, E., Sari, A. P. I., Mayrita, H., Roza, A., Aprilia, I., & Facriansyah, M. (2022). Peningkatan Literasi Baca-Tulis Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Literacy Cloud: Identifikasi Tokoh Dan Watak Dalam Dongeng. 1(8), 1471–1478.
Fakhrurazzi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Takfir. 11(1), 93.
Poniman. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Permainan Kartu Bergambar. Kibasp, Jurnal Bahasa, Kajian, 2, 48–58.
Suba, I. M. (2022). Penerapan Program Satu Murid Satu Pohon Literasi Dengan Berbantuan Literacy Cloud Untuk Meningkatkan Minat Baca Murid Kelas Vic Sd Negeri 22 Dauh Puri. 2(3), 283–292.
Nugraha, D. M. D. P. (2023). Pengaruh literacy cloud terhadap minat baca dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD. 6(1), 11–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.