PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KELAS IV SD NEGERI 064981 MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Qhanazsa Ananda Putri STKIP Pangeran Antasari
  • Siti Rahmadhani Siregar STKIP Pangeran Antasari
  • Nurmala Sari STKIP Pangeran Antasari
  • Sevin Handayani STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17126

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganilisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 064981 kecamatan Medan Helvetia. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 064981 yang berada di Medan dan sampel yang digunakan adalah kelas IV B. Penelitian ini menggunakan metode true-experimental dengan desain penelitian pretest-post-test Control Group Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes karangan cerita pendek yang sudah diuji validitas dan reliabilitas pada sig. 0,05. Pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, tes karangan cerita pendek, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini dari perhitungan uji distribusi t yaitu thitung (96.972) dan ttabel (1.729) menunjukkan bahwa Ha dapat diterima. Berdasarkan Kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 064981 kecamatan Medan Helvetia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CHAIRIAH, C. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Unsur Intrinsik Dan Unsur Ekstrinsik Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(3), 216–226. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501

Eka Wafiani Umi, & Siti Rahmadhani Siregar. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Iv Sdn 14 Bukit Batu. Jurnal Binagogik, 10(2), 187–194. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.585

Hadi, A., Nasaruddin, N., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas V Sdn 4 Pringgabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 124–133. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i2.64

Pangesti Mutia Anjani, Nursiwi Nugraheni, & T. B. P. (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN SRONDOL KULON 02 SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2548

Sujana, D. H. A. (2020). Model-Model Pembelajaran inovatif. Raja Grafindo Persada.

Windi Anisa, F., Ainun Fusilat, L., & Tiara Anggraini, I. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 158–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Downloads

Published

2024-10-01