IMPLEMENTASI METODE JIBRIL PADA HAFALAN HADITS DI PONDOK PESANTREN FAJAR ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17118Keywords:
Metode Jibril, Hafalan Hadits, Pesantren Fajar IslamAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah tingginya tingkat kebosanan yang berdampak negatif pada motivasi santri untuk terlibat aktif dalam proses hafalan serta hilangnya antusiasme dan semangat dalam mengejar prestasi hafalan hadits. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi metode Jibril dalam proses hafalan hadis di Pondok Pesantren Fajar Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuosioner, ujian tulis dan observasi. Teknik analisis data berupa pengumpulan data kualitatif dari observasi yang akan dianalisis secara tematik untuk mengevaluasi efektivitas implementasi metode Jibril, Reduksi dan kategorisasi data, Penampilan data, dan Penarikan Kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Jibril telah memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi hafalan hadis di Pondok Pesantren Fajar Islam karena metode ini mempercepat proses penghafalan, meningkatkan retensi dan membantu mereka untuk memahami konten hadis dengan lebih baik.Downloads
References
Arifin, Z. (2017). Studi Kitab Hadis. Al-Muna.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
Firman, F. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Kecerdasan Spiritual terhadap Minat Menghafal Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Ar Raudhah Cilincing Jakarta Utara (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Hanafi, Y., Ikhsan, M. A., Saefi, M., Diyana, T. N., & Arifianto, M. L. (2021). Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan dan Respon.
Johnson, B., & Christensen, L. (2014). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Sage Publications.
Lutvi, M. F. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Tilawati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPA Baitussholihin Kecamatan Metro Timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Nasir, A. K. (2019). media pembelajaran berbasis website pada pembelajaran al-qur'an hadis (quasi experimental research di man 1 ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Pasaribu, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Istiqlal Delitua (Doctoral Dissertation, Umsu).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jurnal :
Afandi, S. (2019). Kajian Hadits Jibril dalam Perspektif Pendidikan (Kajian Materi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran). Jurnal Penelitian KeIslaman, 15(1), 29-42.
Afifah, F. U. (2023). Penerapan metode Jibril. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(4), 89-92.
Hakim, L. (2022). Eksistensi Metode Jibril Dalam Bina Baca Al-Qur’an Santri. Jurnal Studi Pesantren, 2(1), 32-45.
Hamzah, N. H., Irawan, M. M., Palangkey, R. D., & Miro, A. B. (2023). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Hadis. IQRA: JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM, 3(2), 139-158.
Ismail, S., & Sulaiman, W. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Hadis Jibril). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).
Karim, A. A. R. N. (2024). Kajian Pendidikan Tentang Materi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadits Yang Diriwayatkan Oleh Imam Muslim Atau Dikenal Dengan Hadits Jibril. Jurnal Pendidikan Tuntas, 2(1), 30-36.
Lutfia, Nurul Naffa, dkk. (2022). Pemikiran Orientalis Ignaz Goldziher terhadap Hadis dan Sunnah. Alhamra Jurnal Studi Islam, 3(2), 91–101. https://doi.org/10.30595/ajsi.v3i2.13839.
Mufaizin, M., & Arafat, Y. (2020). Implementasi Metode Jibril dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas C2 Tahsin Tilawah Lembaga Takhassusul Qur’an Darul Hikmah. Al-Thiqah: Jurnal Ilmu Keislaman, 3(01), 39-54.
Tanjung, E. F., & Mutiah, M. (2022). Penerapan Muroja’ah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Di Yaysan Adawiyah Binti Abdurrohman Medan. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 23-38.
Tanjung, E. F., Hayati, I., & Hasibuan, M. F. (2022). Application of Al-Quran Learning with the Tartila Method for Junior High School Students in Sibolga. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1257-1270.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.