PENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENERAPAN MEDIA BUKU LANCAR MEMBACA BERBASIS METODE SILABA

Authors

  • She Fira Azka Arifin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Siti Khodijatul Latifah PGMI FAI Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16949

Keywords:

Media Buku Lancar Membaca, Keterampilan Membaca Permulaan, Metode Silaba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media buku lancar membaca berbasis metode silaba, mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa kelas I, dan mengetahui pengaruh penerapan media buku lancar membaca berbasis metode silaba terhadap keterampilan membaca permulaan kelas I. Penelitian ini termasuk pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik sampel yang berlaku yaitu Teknik Purposive Sampling dengan jumlah seluruh siswa kelas IA yaitu 22 siswa di MI Tanada Waru Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengukur kevalidan instrumen, serta uji korelasi pearson menggunakan SPSS statistics 25 untuk melihat hubungan antara 2 variabel. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media buku lancar membaca permulaan siswa kelas I sebesar 75% dengan klasifikasi tergolong “Layak”. Keterampilan membaca permulaan kelas I diperoleh sebesar 89% tergolong “Sangat Baik”. Selain itu, adanya pengaruh penerapan media buku lancar membaca terhadap keterampilan membaca permulaan telah dibuktikan dengan hasil nilai signifikan 0,02 tersebut <0,05 dan nilai korelasi variabel X dan Y sebesar 0,622 yang menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azharotunnafi, and Muhsinatun M. Siasah. 2018. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS SMP.” Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 15(1):79–93.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.

Hamid, E. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Iskandarwassid, and Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Janawati, Desak Putu Anom, and I. Made Eka Sulantara. 2020. “An Analysis of Early Reading Ability of Class 1 in Elementary School.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 10(1):43–49. doi: 10.21070/pedagogia.v10i1.630.

Krissandi, Apri Damai Sagita, B. Widharyanto, and Rishe Purnama Dewi. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD:Pendekatan Dan Teknis. Jakarta: Media Maxima.

Martina, Tina, and Galih Dani Septiyan Rahayu. 2021. “Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 009 Cikadut Dengan Menggunakan Pendekatan Teknik Permainan Melengkapi Cerita.” COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education 4(3):436–44.

Muammar. 2020. Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.

Rohmah, Lailatur. 2020. “Efektivitas Buku Lancar Membaca Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di Tk Al-Furqon Surabaya.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Silvia, Suci, Putri Hana Pebriana, and Sumianto Sumianto. 2021. “Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3(1):7–12. doi: 10.31004/jpdk.v2i2.1336.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-08-21