PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 98 BONTOMANAI BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16678Keywords:
Interactive Media, Student KnowledgeAbstract
Application of Interactive Multimedia-Based Learning Media in Human Digestive System Material in Science Subjects for Class V Students at SDN 98 Bontomanai, Bulukumba Regency. This type of research is pre-experimental research, the aim of the research is to determine students' knowledge before implementing interactive multimedia-based learning media, to determine students' knowledge after implementing interactive multimedia-based learning media and to determine the increase in students' knowledge before and after implementing interactive multimedia-based learning media. in the science subject material on the human digestive system for class V at SDN 98 Bontomanai Bulukumba. The research results showed that the average score at the pretest was 34.74, categorized as low and incomplete, whereas after applying interactive media, at the posttest, the average score was categorized as high and completed, namely 82.64. In the results of the N-gain test, the average value of students is categorized as high, namely 0.75 with N-gain > 0.7. Based on the research results above, it can be concluded that the application of interactive media can increase students' knowledge in science subjects regarding the human digestive system. class V at SDN 98 Bontomanai Bulukumba.Downloads
References
Ades, Sanjaya. 2017. Model-model Pembelajaran Bumi Aksara. Jakarta
Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ari Waryati (2019), “Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas 3 SDN Geger Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang
Arsyad, Azhar. "Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada." (2002)
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran, edisi revisi. Jakarta: Raja grafindo Persada
Choiril Azmiyawati dkk, IPA Salingtemas 5; Untuk Kelas V SD/MI (Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008), hlm. 18-19
Darmawati Saleh (2021), Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri Minasa Upa. Makassar.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava media
Desty Dwi Rochmania dan Arina Restian (2022) “Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar
Dewi, Tiara Kusnia, and Rina Yuliana. "Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar." Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 9.1 (2018
Eni purwati, dkk. Analisis Masalah Psikologi Siswa Madrasah Tsanawiyah Berbasis Sistem Informatika Online dalam Pendidikan Islam. (Sidoarjo: Jifatama, 2020), h. 52
Fatoni, Achmad Riftan. 2016. “Media Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan Sesuai Standar Kompetensi”. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Tenologi Informasi. Volume 1, Nomor 1, April 2019, Halaman. 8.
Hanafi, “Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan”, Jurnal Kajian Keislaman, Vol. 4, No. 2, (2017), h.129-130
Haryono. D. A. 2014. Metode Praktis Pengembangan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media.
Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono, Ilmu Pengetahuan Alam; Untuk SD/MI Kelas 5 (Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008), hlm. 16-19. 39 Usman Lunang, Belajar Sepanjang Hayat: Modul IPA
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyasa, H. E., & Wardan, A. S. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Munir, M. (2014). Pengembangan Media Pembelejaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22, 184
Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar EModul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61
Musfiqon, H. M. "Pengembangan media dan sumber pembelajaran." Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya (2012)
Nugraha, Mohammad Fahmi. Budi Hendrawan Dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher
Permendikbudristek Menindaklanjuti Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022
Rositawati. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5. (Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan)
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sucipto, A. 2010. Studi Kelayakan bisnis – analisis integratif dan studi kasus. Cetakan 1. Aditya Media, malang.
Sugiyono, Prof. "Metode penelitian kombinasi (mixed methods)." Bandung: Alfabeta 28 (2015): 1-12.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: PendekataKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
S. Rositawaty dan Aris Muharam, Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5; Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas V (Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008), hlm. 10
Suyitno, (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23, 102-103
Yudhi Munadi. (2010). Media pembelajaran Jakarta: Gaung persada (GP) press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.