PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS I SDN KALONGAN 02
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16525Keywords:
Model Pembelajaran STAD, Media Monopoli, Pemahaman KonsepAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Monopoli terhadap pemahaman konsep siswa kelas I di SDN Kalongan 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kalongan. Sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IA dan IB SDN Kalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ranah kognitif, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Independent sample T-Test dan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan rata-pemahaman konsep yaitu hasil uji Independent sample T-test terlihat nilai sig.0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep siswa yang signifikan antara kelompok belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division(STAD) berbantuan media monopoli terhadap pemahaman konsep siswa, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji Regresi Linier Sederhana yang menunjukkan signifikasi yang kurang dari 0,05 yaitu 0,049 < 0,05. Sehingga data hasil uji regresi linier sederhana Model Summary, diperoleh nilai R. Square = 0,198 = 19,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media monopoli berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas I di SDN Kalongan 02.Downloads
References
Agoestanto, A., Leonardus Sukestiyarno, Y., Isnarto, I., Rochmad, R., & Lestari, D. (2019). The Position and Causes of Students Errors in Algebraic Thinking Based on Cognitive Style. International Journal of Instruction, 12, 1431–1444. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12191a
Agustini, Y., & Syarifuddin, A. (2015). PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS V PADA MATA PELAJARAN IPADI MI QUR’ANIAH IV PALEMBANG. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1, 197–222. https://doi.org/10.19109/jip.v1i2.662
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1, 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Habibbulloh, M., & Arifin, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Stad Menggunakan Alat Peraga Alquran untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, 16(2), 189–202. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04
Ihsan, A. N., & Suharman, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2649–2655. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3897
Junita, J., & Wardani, K. W. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran STAD dan CIRC terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V SD Gugus Joko Tingkir pada Mata Pelajaran Tematik. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 11. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1688
Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2, 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487
Novianti, L. A., & Anjarini, T. (2022). Penerapan Model STAD Berbantuan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Sub Tema Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia Di Kelas III SD Negeri Korowelang. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 76–84. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181
Rahayu, I. S., Santoso, H., & Asih, T. (2020). Permainan Monopoli Berbasis Metode Stad (Student Teams Achievement Division) Sebagai Media Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan. Edubiolock, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24127/edubiolock.v1i1.47
Rahmawati, R., & Mahmudi, A. (2014). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN TAI DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Prima Edukasia, 2, 102. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2648
Rifai. M, H. N. (2019). Meta-Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(October), 101–114.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta. Kencana Prenada Media.
Shoimin, A. (2014). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1144055#
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning : teori, riset dan praktik. Nusamedia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1155958#
Sri Kadarwati, Kasni Astutik, E. P. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN E- KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN E- LEARNING PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN LEARNING PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN D. Jurnal Karya Pendiidikan Matematika, 5(2), 121–125.
Sriana, J., & Sujarwo, S. (2022). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 39–51. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.245
Sukardi, S. (2017). Refleksi Dan Reorientasi Pendidikan IPS-Ekonomi Jenjang Pendidikan Dasar BerdimensiKarakter Bangsa (Issue December).
Sumini, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division dengan Kemampuan Awal Matematis terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 927–933. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.435
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.