PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS IXB SMPN 9 MADIUN DALAM MENENTUKAN SEKOLAH LANJUTAN MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING

Authors

  • Muammar Azis Badhawi Universitas PGRI Madiun
  • Silvia Yula Universitas PGRI Madiun
  • Rini SMP Negeri 9 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16517

Keywords:

Teknik problem solving, Kematangan karir

Abstract

Masa remaja adalah sebuah langkah kehidupan dalam perkembangan siklus  individu, hal ini berkaitan pada dewasa yang sehat, dalam fase tersebut mengarah dengan jelas karakter pada transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Terdapat persoalan yang terjadi pada fase remaja ini yang berkaitan dengan pendidikan yang mengarah pada pemilihan jenis pekerjaan di masa yang mendatang, hal ini perlu diperhatikan berkaitan dengan kebingungan yang dialami remaja untuk menentukan arah kariernya.  Kematangan karir menggambarkan bahwa individu mengalami perkembangan dalam pemahaman dirinya tentang fase yang seiring bertambahnya usia dan pengalaman. Hal itu meliputi pada minat, nilai-nilai dan keterampilan yang relevan. Dalam aspek pada tingkat kematangan karir meliputi beberapa hal antara lain, perencanaan karir, hal itu membuat tingkat perencanaan melalui perilaku terhadap fase ke depan yang dilakukannya. Hal itu dapat meningkatkan kepercayaan diri pada kemampuan dalam pembelajaran dari pengalaman yang memberikan kesadaran bahwasanya dirinya dapat menentukan pilihan pada tingkat pendidikan selanjutnya dan mampu mempersiapkan dirinya untuk mempersiapkan. Pada persoalan yang ada, perlu dilakukan intervensi dengan salah satunya menggunakan layanan konseling kelompok. Dengan tujuan penelitian ini yaitu dengan mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan masalah dengan menerapkan teknik problem solving terhadap kematangan karir siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK), subjek dalam penelitian ini adalah kelas IX SMP Negeri 9  Madiun tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 8 siswa. Pada penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Madiun dengan populasi sebanyak 30 siswa dan dipilih 8 siswa yang akan dijadikan sampel penelitian. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Rancangan penelitian dengan melakukan proses siklus layanan konseling kelompok dengan 2x pertemuan. Dalam pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Menunjukkan hasil penelitian dengan menggunakan uji wilcoxon pada pengujian hipotesis. Menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,012 < 0,05 yang menunjukkan bahwa teknik problem solving efektif terhadap kematangan karir siswa dalam menentukan sekolah lanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lestari, Indah. "Meningkatkan kematangan karir remaja melalui bimbingan karir berbasis life skills." Jurnal Konseling GUSJIGANG 3.1 (2017).

Partino, H. R. "Kematangan karir siswa SMA." Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi 11.21 (2006): 37-50.

Muawanah, Lis Binti, and Herlan Pratikto. "Kematangan emosi, konsep diri dan kenakalan remaja." Jurnal Psikologi Tabularasa 7.1 (2012).

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 30-39.

Fahmi, Nasrina Nur, and Slamet Slamet. "Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman." Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 13.2 (2016): 69-84.

Imro’atun, Siti. "Keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama." Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 2.2 (2017): 50-57.

HERIN, Mutiara; SAWITRI, Dian Ratna. Dukungan orang tua dan kematangan karir pada siswa SMK program keahlian tata boga. Jurnal Empati, 2017, 6.1: 301-306.

PRATAMA, Beny Dwi; SUHARNAN, Suharnan. Hubungan antara konsep diri dan internal locus of control dengan kematangan karir siswa SMA. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2014, 3.03.

Herin, Mutiara, and Dian Ratna Sawitri. "Dukungan orang tua dan kematangan karir pada siswa SMK program keahlian tata boga." Jurnal Empati 6.1 (2017): 301-306.

Rustanto, Agung Edi. "Kepercayaan diri dan efikasi diri terhadap kematangan karir mahasiswa di politeknik LP3I Jakarta Kampus Jakarta Utara." Jurnal Lentera Bisnis 5.2 (2016): 1-11.

Yuliani, Wiwin, and Nurmauli Banjarnahor. "Metode penelitian pengembangan (rnd) dalam bimbingan dan konseling." Quanta Journal 5.3 (2021): 111-118.

Yuliani, Wiwin. "Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling." QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan 2.2 (2018): 83-91.

Downloads

Published

2024-09-23