PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN BERBANTUAN MEDIA ALFABET CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS II SDN PLUMUTAN
Keywords:
Model Pembelajaran CIRC, Media Alfabet Card, Keterampilan Membaca Permulaan, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) yang dibantu dengan media alfabet card terhadap keterampilan membaca permulaan dan pemahaman konsep siswa kelas II di SDN Plumutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design, khususnya Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas IIA dan IIB, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kognitif, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan membaca permulaan dan pemahaman konsep antara kelas eksperimen (menggunakan model CIRC dengan media alfabet card) dan kelas kontrol (menggunakan model CIRC tanpa media alfabet card), Model pembelajaran CIRC yang dibantu dengan media alfabet card berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca siswa. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan hubungan positif antara model pembelajaran dan keterampilan membaca. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC yang dibantu dengan media alfabet card efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan pemahaman konsep siswa kelas II. Penggunaan media alfabet card dalam model CIRC dapat membantu siswa belajar mengenal huruf dengan lebih mudah dan menarik, sehingga meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran CIRC dengan media alfabet card sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman konsep siswa kelas rendah.Downloads
References
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203–211. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016
Fitriyani, Y., Gunawan, A., & Lestari, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Cooperative Script, Artikulasi dan Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7, 129–139. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i2.10971
Gumono, G. (2014). PROFIL KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI PROVINSI BENGKULU. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17, 201–211. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a4
Hasriyanti, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. LaGeografia, 18(1), 36. https://doi.org/10.35580/lga.v18i1.10974
Ilham, M., Rizal, M. S., & Ananda, R. (2022). Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 42–51. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10527
Milasari diahmilasasri, D., Milasari, D., & Suminar, T. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) KEEFEKTIFAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE CIRC DAN METODE SQ3R PESERTA DIDIK KELAS IV. 8(1), 6–10. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/
Mustafa, F., & Samad, N. (2015). Cooperative Integrated Reading and Composition Technique for Improving Content and Organization in Writing. Studies in English Language and Education, 2, 29–44. https://doi.org/10.24815/siele.v2i1.2236
Nawawulan, D., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 38–42. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2822
Prihantoro, L. W. A. ; D. R. K. ; A. (2017). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesment : Revisi taksonomi pendidikan bloom. Pustaka Pelajar.
Shoimin, A. (1988). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1144055#
SUGIARTI, U. C. I. (2012). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Basastra, 1(1).
Sundari RK, D. M. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Suka Baca Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I SDN Balongsari 1/500 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 980–989. https://doi.org/10.1163/_q3_SIM_00374
Tarigan, H. G. (2013). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wahyuningsih, A., & Citraningrum, M. (2019). The Effectiveness of The Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) and Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) on Reading Comphrehension Skill. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i1.7383
Zarina, Kamarudin, & Rustam. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.