PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKSTORY DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Salsa Bella Muntaza STKIP PGRI Trenggalek
  • Wahyu Nugroho STKIP PGRI Trenggalek
  • Diyanti Jati Pratiwi STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16458

Keywords:

Media E-Bookstory, Minat Membaca, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar hanya dilakukan dengan menggunakan buku dari pemerintah tanpa menggunakan media pembelajaran. Siswa tidak tertarik untuk membaca buku-buku yang tersedia di perpustakaan sekolah. Penggunaan IT di sekolah juga belum dibiasakan, padahal media pembelajaran berbasis IT dapat menarik minat dan perhatian siswa untuk belajar. Hal tersebut mengakibatkan minat membaca siswa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Bookstory dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran E-Bookstory berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan persentase 80%, ahli bahasa 94%, ahli media 85%, sehingga dinyatakan sangat valid digunakan. Berdasarkan validasi praktisi menunjukkan persentase 80% sehingga dinyatakan sangat praktis digunakan. Berdasarkan respon siswa menunjukkan persentase 90% sehingga dinyatakan sangat menarik digunakan. Berdasarkan hasil uji beda diperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga terdapat perbedaan rata-rata minat membaca siswa sebelum dan sesudah penggunaan E-Bookstory. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata 63,24 dan termasuk kategori efektif, sehingga penggunaan E-Bookstory efektif untuk meningkatkan minat membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M. R. (2017). The Impact of Motivation on Reading Comprehension. International Journal of Research in English Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.18869/acadpub.ijree.2.1.1

An, Y. (2019). History of Instructional Instructional Design , and Theories Media , To cite this article : of A History of Instructional Media , Instructional Design , and Theories. International Journal of Technology in Education, 4(1), 1–21.

Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1–13.

Fikriadi, R. S., Zufria, I., & Nasution, A. B. (2022). Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Seni Wayang Dan Tarian Jawa. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 7(1), 71–76. https://doi.org/10.36341/rabit.v7i1.2189

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Halawa, W. (2020). Improved Writing Ability Poster By Using Media Pictures Grade Viii Smp Negeri 1 Sawo Year Learning 20 20 /20 21. Al’Adzkiya International of Education and Sosial (AIoES) Journal, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.55311/aioes.v1i2.67

Henderson, M., Selwyn, N., & Aston, R. (2017). What works and why? Student perceptions of ‘useful’ digital technology in university teaching and learning. Studies in Higher Education, 42(8), 1567–1579. https://doi.org/10.1080/03075079.2015.1007946

Moreira, I. X., Pereira, S., & Gusmão, H. F. (2018). The Influence of Concrete Instructional Media on Learning Archivement. Journal of Innovative Studies on Character and Education, 2(1), 104–114.

Nugroho, W., Setiawan, A., & Romadhoni, B. N. (2021). Optimalisasi Blended Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.64

Nugroho, W., Sumarmi, S., & Ramli, M. (2021). Implementasi Suplemen Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 932. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14891

Nugroho, W., & Utami, W. A. (2023). Development of an Ethnographic-Based IPAS Learning Supplement Book on the Independent Curriculum for Elementary School. IJECA: International Journal of Education and Curriculum Application, 6(3), 226–235. https://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/16689%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/download/16689/pdf

Nurhidayati, V. N., Fitra Ramadani, Fika Melisa, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428

Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2036–2044. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1032

Senen, A., Sari, Y. P., Herwin, H., Rasimin, R., & Dahalan, S. C. (2021). The use of photo comics media: Changing reading interest and learning outcomes in elementary social studies subjects. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2300–2312. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i5.6337

Sugiyati. (2017). Upaya Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Media Kartu Huruf dan Kartu Kata. Ideguru, 2(1), 34.

Sulfemi, W. B. (2023). Management of School Literacy With Students’ Interest in Reading. Education & Learning in Developing Nations, 1(1), 62–67. https://doi.org/10.26480/eldn.02.2023.62.67

Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Suyono. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050

Syawaludin, M. (2019). Implementasi Buku Digital Dalam Mengoptimalkan Pengunaan Literasi Untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Di Dalam Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 293–306. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2572/2384

Thiagarajan., & S. (1974). Instructional Develoment for Traning Teacher of Exeptional Children: A Sourcebook (p. 194).

Tjabolo, S. A., & Herwin. (2020). The influence of teacher certification on the performance of elementary school teachers in Gorontalo Province, Indonesia. International Journal of Instruction, 13(4), 347–360. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13422a

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Edukatif, 1(1), 18–27.

Vázquez-Cano, E., De la Calle-Cabrera, A. M., Hervás-Gómez, C., & López-Meneses, E. (2020). Socio-family context and its influence on students’ pisa reading performance scores: Evidence from three countries in three continents. Educational Sciences: Theory and Practice, 20(2), 50–62. https://doi.org/10.12738/jestp.2020.2.004

Downloads

Published

2024-09-04