PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16457Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Bangun DatarAbstract
Pembelajaran efektif sangat penting dalam mendidik para siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Peneitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 SDN 1 Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB pada mata pelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang dilakukan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus masing-masing menggunakan pretest dan postest. Subyek penelitan terdiri dari 31 orang siswa dengan teknik pengumpulan data ialah Observasi dan Evaluasi. Hasil penelitian yang didapatkan ialah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar para siswa SD kelas 1 dengan nilai rata-rata siklus 1 pretest dan post test ialah 69 dan 85 dan nilai rata rata kelas siklus 2 ialah 77 dan 90 dan kategori n gain pada masing masing siklus ialah sedang.Downloads
References
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Astuti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Scholaria Vol. 4 No. 1, 37-47
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Irawati, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sosiologi. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.131
Mawardi. (2017). Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria Vol. 8 No. 1, 26-40.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323.
Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama, I, 189–212.
Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol.3, No.1
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Yualfian,R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modelpembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03 (1), (2020).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.