PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Zuyyina Khaerawati PGSD, Universitas Muhammadiyah Mataram,.
  • Nuraehan Pitri Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rini Juliani Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Oktaviani Ade Katari Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sukaesi SDN 1 Labuapi
  • Arpan Islami Bilal Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16457

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Bangun Datar

Abstract

Pembelajaran efektif sangat penting dalam mendidik para siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Peneitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 SDN 1 Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB pada mata pelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang dilakukan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus masing-masing menggunakan pretest dan postest. Subyek penelitan terdiri dari 31 orang siswa dengan teknik pengumpulan data ialah Observasi dan Evaluasi. Hasil penelitian yang didapatkan ialah  penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar para siswa SD kelas 1 dengan nilai rata-rata siklus 1 pretest dan post test ialah 69 dan 85 dan nilai rata rata kelas  siklus 2 ialah 77 dan 90 dan kategori n gain pada masing masing siklus ialah sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776

Astuti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Scholaria Vol. 4 No. 1, 37-47

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Irawati, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sosiologi. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.131

Mawardi. (2017). Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria Vol. 8 No. 1, 26-40.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323.

Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama, I, 189–212.

Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol.3, No.1

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.

Yualfian,R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Modelpembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03 (1), (2020).

Downloads

Published

2024-09-22