MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI SBDP (SENI DRAMA) KURIKULUM MERDEKA KELAS V

Authors

  • Annita Putri Rizki Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Moh. Rusnoto Susanto Program Pendidikan Seni Rupa UST Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16266

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Kreativitas Siswa, Pendidikan SBDP

Abstract

Abstrak, Pendidikan di Indonesia tahun demi tahun mengalami banyak perubahan. Kurikulum di Indonesia juga sudah banyak berganti menjadi kurikulum merdeka yang disebut juga dengan merdeka belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dan data yang dikumpulkan untuk penelitian ini melalui observasi. hasil dari penelitian ini adalah penerapan kurikulum merdeka di kelas V SD Muhammadiyah Tamantirto sudah dilaksanakan sesuai ketentuan. Perkembangan mental dan fisik anak untuk mengoptimalkan kreativitasnya maka pendidikan SBDP (Seni Drama) merupakan salah satu cara yang tepat untuk digunakan. Siswa juga dapat menghasilkan karya dan belajar dengan bahagia sesuai dengan konsep merdeka belajar. Manfaat yang dihasilkan akan menarik untuk dikaji karena berkaitan dengan kreativitas siswa. Untuk meningkatkan kreativitas siswa agar tumbuh optimal,  pendidikan seni memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai sarana memfasilitasi siswa dalam mengekspresikan pikiran dan jiwa siswa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Annita Putri Rizki, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Pendidikan Dasar

References

Amri, U., & Vismia S, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama Melalui Tetaer Tradisional Randai Terhadap Kemampuan Apresiasi Drama. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 8(No. 2), 190.

Campbell, David. 2017. Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2017). The SAGE handbook of qualitative research. Sage.

Iswantara, N. (2016). Drama Teori dan Praktik Seni Peran. Yogyakarta: Media Kreativa.

Purwatiningsih. (2017). Mata Pelajaran /Paket Keahlian (Seni Budaya) BAB 1 Konsep dan pola pikir keilmuan dalam pembelajaran Seni budaya. Kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan

Rahman, Syaeful Ahmad. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL).LITERASI :Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Vol.7, No.1, Januari 2017 e-ISSN 2549-2594.

San, Suyadi. 2015. Berkenalan dengan Teater. Medan: Generasi.

Yurnelis. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIII RSBI-1 SMP N 12 Padang.Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Volume 1 Nomor 2, Juni 2013.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)