MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI SBDP (SENI DRAMA) KURIKULUM MERDEKA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16266Keywords:
Kurikulum Merdeka, Kreativitas Siswa, Pendidikan SBDPAbstract
Abstrak, Pendidikan di Indonesia tahun demi tahun mengalami banyak perubahan. Kurikulum di Indonesia juga sudah banyak berganti menjadi kurikulum merdeka yang disebut juga dengan merdeka belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dan data yang dikumpulkan untuk penelitian ini melalui observasi. hasil dari penelitian ini adalah penerapan kurikulum merdeka di kelas V SD Muhammadiyah Tamantirto sudah dilaksanakan sesuai ketentuan. Perkembangan mental dan fisik anak untuk mengoptimalkan kreativitasnya maka pendidikan SBDP (Seni Drama) merupakan salah satu cara yang tepat untuk digunakan. Siswa juga dapat menghasilkan karya dan belajar dengan bahagia sesuai dengan konsep merdeka belajar. Manfaat yang dihasilkan akan menarik untuk dikaji karena berkaitan dengan kreativitas siswa. Untuk meningkatkan kreativitas siswa agar tumbuh optimal, pendidikan seni memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai sarana memfasilitasi siswa dalam mengekspresikan pikiran dan jiwa siswa tersebut.Downloads
References
Amri, U., & Vismia S, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama Melalui Tetaer Tradisional Randai Terhadap Kemampuan Apresiasi Drama. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 8(No. 2), 190.
Campbell, David. 2017. Mengembangkan Kreativitas diterjemahkan oleh A.M. Mangunhardjana. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2017). The SAGE handbook of qualitative research. Sage.
Iswantara, N. (2016). Drama Teori dan Praktik Seni Peran. Yogyakarta: Media Kreativa.
Purwatiningsih. (2017). Mata Pelajaran /Paket Keahlian (Seni Budaya) BAB 1 Konsep dan pola pikir keilmuan dalam pembelajaran Seni budaya. Kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan
Rahman, Syaeful Ahmad. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL).LITERASI :Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Vol.7, No.1, Januari 2017 e-ISSN 2549-2594.
San, Suyadi. 2015. Berkenalan dengan Teater. Medan: Generasi.
Yurnelis. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIII RSBI-1 SMP N 12 Padang.Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Volume 1 Nomor 2, Juni 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.