PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA SD NEGERI GANDASULI 01 BREBES

Authors

  • Dedy Hendry Universitas Muhadi Setiabudi
  • Farhan Saefudin Wahid
  • Dedi Romli Triputra

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16138

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui sejauh mana pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif survei (ekspos facto).Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti yang dilakukan oleh peneliti dengan kepala sekolah, bertempat di SD Negeri Gandasuli 01 Brebes menunjukkan bahwa sistem kurikulum merdeka masih dalam tahap penyesuaian dan belum diterapkan ke semua kelas, hanya beberapa kelas saja yang menggunakan kurikulum merdeka seperti kelas I dan II serta IV dan V. Sedangkan kelas III dan VI masih menggunakan kurikulum 2013, kemudian hanya 23-27% dari siswa yang menggunakan kurikulum medeka memiliki nilai diatas 80 dari penilaian hasil belajar siswa setiap semester. Ada beberapa faktor yang menghambat hasil belajar siswa salah satunya ialah kemandirian belajar siswa, sebagian besar siswa masih memiliki tingkat kemandirian yang rendah yaitu mengacu pada kemampuan siswa dalam mengambil inisiatif mengelola dan mengontrol proses pembelajaran mereka sendiri tanpa bergantung pada bimbingan atau pengawasan eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cheryl, D. & C. (2013). Higher Education and Sustainable Development A Model for Curriculum Renewal. Taylor & Francis.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 468–470. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Fathurrahman, F., Arifin, B. S., Muhyi ‎, A., & Huda, M. (2022). The Influence of School Management on The Implementation of The Merdeka Belajar Curriculum. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1274–1286. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3461

Fein, E. C., Gilmour, J., Machin, T., & Hendry, L. (2022). Statistics for Research Students. https://usq.pressbooks.pub/statisticsforresearchstudents/

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 1–50.

Mufida, A. T. L., Rukayah, R., & Kurniawan, S. B. (2023). Analisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka tahap mandiri berubah di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(6), 30. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i6.76799

Myers, S. (2021). Jerome Bruner, Meaning - Making and Education for Conflict Resolution Why How We Think Matters. Emerald Publishing Limited.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Journal homepage: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika, 659–663.

Natadireja, U., Qomariya, S., Babullah, R., & Rizki, N. J. (2023). Kontribusi SLB Dalam Memenuhi Kebutuhan Wajib Belajar Anak Berkebutuhan KhususDi SLB Budi Nurani Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 134–143. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/334/297

Rohim, D., & Rigianti, H. A. (2023). Hambatan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2801–2814. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5877

Santoso, G., Hidayat, M. N. S., Murod, M., Susilahati, Solehudin, & Asbari, M. (2023). Transformasi Literasi Informasi Guru Menuju Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 100–106. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/130/37

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353

Tyler, R. W. (1969). Basic Principles of Curiculum and Instruction (Ralph Winfred Tyler (ed.); 31, cetak ed.). University of Chicago.

Yuliyanti, Y., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan Kurikulum Sekolah Dasar Di Indonesia Dan Perbedaan Dengan Kurikulum Di Beberapa Negara. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 95. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271

Downloads

Published

2024-07-04