METODE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN AUDIO VISUAL GUNA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PEMECAHAN MASALAH MATERI TATA SURYA KELAS 6
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16096Keywords:
Pendidikan karakter, Snowball throwing, Pembelajaran IPAAbstract
Pengintegrasian pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran terkesan hanya menempelkan butir-butir karakter. Salah sati cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan karakter terpadu. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang berfokus pada pembelajaran IPA materi Tata Surya kelas VI. Tujuan untuk mendiskripsikan efektivitas metode Snowball throwing berbantuan audio visual guna meningkatkan kerja sama dan pemecahan masalah materi tata surya kelas VI. Sampel yang digunakan SD berkategori baik, sedang, dan kurang sebanyak 3 SD dengan tehnik rundom sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, kuisioner, angket, dan tes. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16. Pembelajaran yang telah teruji valid, reliabel, praktis dengan skor rata-rata 4,30 kategori sangat baik. Tes Kemampuan Kerjasama dan Memecahkan Masalah (TKMM) untuk kelas kontrol 0,439 atau 43,9 % lebih dari 5% dan kelas eksperimen adalah 0,585 atau 58,5% lebih dari 5%, t hitung 7,25 > t tabel 1,67. Dapat disimpulkan dengan menggunakan metode snowball trhowing berbantuan audio visual guna menigkatkan kerja sama dan pemecahan masalah materi tata surya kelas 6 lebih baik.Downloads
References
Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819
Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1).
Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Novi Wulandari, Haifaturrahmah, Syafruddin Muhdar, Nursina Sari, Yuni Mariyati, & Saddam. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2). https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.50
Nurrokhman, H., Muslim, A. H., & Febrianta, Y. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis Menggunakan Strategi Pembelajaran Video Critic Berbasis ATONG. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1). https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3545
Ratna Khairunnisa, Gamar Al Haddar, & Nur Agus Salim. (2021). Penguatan Pendidikan Berkarakter Melalui Tayangan Animasi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 023 Samarinda. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 1(1). https://doi.org/10.24903/jpkpm.v1i1.725
Rejeki Tulus, Sumarno, & Sulianto, J. (2023). pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe think pair share (tps) dengan pendekatan konstruktivisme untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sdn tenggulangharjo. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.862
Supriyantoro, D., Sumbawati, M. S., & Sitompul, N. C. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbasis Outdoor Learning. Jurnal Pijar Mipa, 14(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1136
Taufikurrahman, T. (2022). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Al -Allam, 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.