MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PANCING DI KELAS II SD

Authors

  • Akhmad Maulana Universitas Lambung Mangkurat
  • Dessy Dwitalia Sari Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16090

Keywords:

Discipline, Learning Achievement, PANCING, Pancasila Education

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah karakter disiplin dan prestasi belajar peserta didik meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan di kelas II semester genap SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes penilaian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif  dan interpretasi persentase seperti yang tercantum pada tabel. Berdasarkan hasil temuan penelitian, menujukkan keterampilan karakter disiplin peserta didik pada setiap pertemuan meningkat hingga mencapai 90% dengan kriteria "Sangat Terampil", dan prestasi belajar pada setiap pertemuan meningkat hingga mencapai 90% dengan kriteria "Tuntas". Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model PANCING dapat meningkatkan karakter disiplin dan prestasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, R. (2018). The Application of Problem Based Learning ( PBL ) Approach for Elementary Schools Teachers. 274, 247–251.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Aryanto, H., Azizah, M. D., Nuraini, V. A., & Sagita, L. (2021). Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(10), 1430-1440.

Duryat, M. (2024). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Guru di Sekolah Menengah Pertama Al Washliyah Cirebon. 175–196. https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5278

Fitri Handayani, & Dessy Dwitalia Sari. (2023). Meningkatan Aktivitas, Keterampilan Berbicara, dan Hasil Belajar Menggunakan Model Prolog pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 105–118. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2339

Ibrahim, M. (2018). Matematika dengan Menggunakan Pendekatan CTL. Jurnal Tastsqif (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan), 16(1), 42–64.

Jatmiko, D., Rusmawan, R., & Hananingrum, K. J. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Model Problem Based Learning Materi Skala Pada Peserta didik Kelas V. Paedagogie, 18(1), 1–8. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v18i1.8843

Kurahman, T. (2022). Meningkatkan Aktivitas, Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Prestasi Belajar Muatan Matematika Menggunakan Model PREMIER Berbasis Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas IV SDN Pekauman 1.

Lubis, S. J., Widyastika, D., Sitorus, R. H., & Medan, U. B. (2022). School Education Journal Pgsd Fip Unimed. SEJ (School Education Journal), 12(1), 57–63. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/

Nurmalasari, I., Maftuh, A., & Chandra, D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta didik Kelas 1 SDN Kalapasari Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta didik Kelas 1 SDN Kalapasari ). 5(1), 9–16.

Octapiani, R., Putri, D. H., & Purwanto, A. (2021). Students’ Perception of the Application of Numbered Head Together (Nht) Cooperative Learning Model in Physics Learning With Shift Learning System in Shs. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 120. https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.29181

Puspita, V., Mulyati, A., Maielfi, D., Barat, S., & Teaching, C. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Matakuliah Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Model CTL. 03(02), 504–512.

Sari, D. D. (2020). Peningkatan Keterampilan Mahapeserta didik Pgsd Ulm Dalam Menulis Dongeng Anak Berbasis Sosiokultural Melalui Strategi Menulis Terbimbing. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 148. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.593

Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Peserta didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107

Rusiyana, R. Meningkatan Aktivitas Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model PROGRESSING Pada Siswa Kelas III SDN Balida.

Telaumbanua, A. A.-H. (2023). Penerapan Model Cooperative Script Pada Tema Cita-Citaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Di Kelas Iv. Js (Jurnal Sekolah), 7(2), 186. https://doi.org/10.24114/js.v7i2.38963

Yani, A. S., & Hanafi. (2020). Jurnal administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 9(1), 1–11.

Downloads

Published

2024-07-02