PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJKA GURU DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Meinar Widyaningshih Universitas Ngegeri Semarang
  • Sri Haryani PGSD FIP Universitas Negeri Semarang
  • Sugi PGSD FIP Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16072

Keywords:

Kepemimpinan kepala sekolah, motivasi, iklim kerja, efikasi diri, kinerja

Abstract

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia saat ini tentunya akan berdampak buruk bagi kehidupan bangsa sebab salah satu aktor majunya sebuah negara disebabkan oleh pendidikan yang maju. Kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor. Banyak penelitian yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dipengaruhi oleh (a) kepemimpinan kepala sekolah; (b) iklim sekolah; (c) kepuasan kerja; dan (d) motivasi berprestasi. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan metode-metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Variabel-variabel ini diukur sehingga data yang berupa angka-angka dapat dianalisis dengan prosedur statistik. Subyek penelitian ini adalah guru sedangkan obyek penelitian adalah kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim kerja, motivasi, dan efikasi diri guru di Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Penelitian survey dilakukan untuk memperoleh gambaran umum mengenai kinerja guru, kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim kerja, motivasi dan efikasi diri guru. Hasil penelitian menunjukkan seluruh variabel memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru, hasil pengujian independent antar variabel maupun diberikan interferensi efikasi diri sebagai variabel moderat menunjukkan iklim kerja memberi pengaruh paling tinggi terhadap kinerja guru 55.2% hingga 64.4%, dan kepemimpinan memperoleh peningkatan paling tinggi ketika diberi moderasi efikasi diri dalam meningkatkan kinerja guru dari 28.6% menuju 54.2% sebanyak 26,2%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan iklim kerja terhadap kinerja guru yang diperkuat dengan efikasi diri.. Saran dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah guru dan civitas pendidikan perlu selalu berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dalam memelihara kinerja guru  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi, & Arifin, M. (2017). Kinerja Guru Profesional : Instrumen Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian (R. K. Ratri, Ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Carudin, C. & Agus, K. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(1): 30–37. https://doi.org/10.56916/jipi.v1i1.118

Hamsah, H., Syamsudduha, St., & Rahman, U. (2019). Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 237. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10264

Hanafi, S. & Faturohman, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus 2 SDN Kecamatan Baros Serang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 9(1): 1–15.

Husna, N. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Sman 1 Canduang Kabupaten Agam. Jurnal Ekobistek, 7(2). https://doi.org/10.35134/ekobistek.v7i2.16

Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2): 146–153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14

Muhammad Taufik, N., Syamsiar, & Qodar, J. (2022). Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri 268 Mappadaelo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Ada Na Gau: Public Administration, 3(2): 1201–1217.

Monoyasa, M. W., Sularso, R. A., & Prihatini, D. (2017). Pengaruhgaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasardengan Motivasidan Inovasi Guru Sebagai Variabel Intervening Dieks Kota Administratif Jember. Relasi: Jurnal Ekonomi, 13(2). https://doi.org/10.31967/relasi.v13i2.120

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. Sukabumi: CV. Jejak.

Pramudya, G., & Mardikaningsih, R. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Motivasi Diri, Konsep Diri Dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto). Jurnal Ilmu Pendidikan, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1): 9–22.

Purwani Puji Utami. (2017). Pengaruh Iklim Kerja, Kepuasan Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sman Se-Kota Bekasi. Visipena Journal, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.374

Riyadi, S., & Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal Di Kota Pekalongan. JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN, 13. https://doi.org/10.54911/litbang.v13i0.60

Sobirin. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Analitik Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Kepuasan Kerja dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar di Wilayah Priangan Timur Jawa Barat). Jurnal Adminisistrasi Pendidikan, 14(1): 121–134.

Supandi, S. R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 113–128. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.682

Susanto, H. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2): 197–212. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028

Syafrizal, S., & Fitriani, A. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru dalam Menjalankan Tugas di Sdn 001 Teratak Kecamatan Rumbiojaya. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 1(2).

Syaifulloh, M. (2017). Analisis Profesionalisme Guru, Diklat Dan Prestasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan Pada Sekbin 3 UPTD Pendidikan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3: 17. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1073

Yogica, R., muttaqiin, A., Ardi, Lufri, & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan,Model, Metode Pembelajaran. CV IRDH.

Downloads

Published

2024-06-30