STRATEGI GURU PENGGERAK DALAM PENGUATAN BUDAYA LITERASI DI SD NEGERI JATIBARANG KIDUL 03

Authors

  • Salsa Khairunnisa Universitas Muhadi Setiabudi
  • Dedi Romli Triputra Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muamar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh guru penggerak dalam penguatan budaya literasi di SD Negeri Jatibarang Kidul 03, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan hambatan yang dihadapi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi yang menunjukkan rendahnya kemampuan literasi peserta didik, yang tercermin dari rapor mutu sekolah berwarna merah pada aspek literasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi yang diterapkan oleh guru penggerak meliputi integrasi literasi ke berbagai mata pelajaran, penggunaan teknologi, serta pelaksanaan program-program literasi seperti Program Literasi Prok Ame Ame dan Literasi Dasar untuk Kelas Rendah. Guru penggerak juga mendorong kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung praktik literasi yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung utama dalam penerapan strategi ini adalah dukungan dari pihak sekolah dan kolaborasi yang baik dengan orang tua. Selain itu, bantuan dari pemerintah daerah berupa perangkat teknologi seperti chromebook juga sangat membantu. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan seperti kurangnya sarana literasi dan bahan bacaan yang memadai, serta pengaruh lingkungan eksternal seperti game online yang mengurangi minat baca peserta didik. Output dari penerapan strategi ini termasuk peningkatan minat dan kebiasaan membaca, peningkatan keterampilan literasi, dan partisipasi dalam kegiatan literasi. Selain itu, penelitian ini mencatat peningkatan kerjasama antara sekolah dan wali murid, serta peningkatan prestasi akademik peserta didik. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi guru penggerak efektif dalam meningkatkan budaya literasi di SD Negeri Jatibarang Kidul 03.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alviyah, A., Raka, M., Putra, G., Amalia, S. I., & Jauza, S. (2023). Penguatan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Pendidikan Anak Sekolah Dasar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 306–319.

Arifah, Z. (2018). Penguatan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui “Gernas Baku.” Jurnal Ilmiah Citra Ilmu, IV(April), 51–63. http://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/JICI/article/view/37

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16–23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

Dewayani, S., Retnaningdiyah, P., & all. (2021). PANDUAN PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH (I). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dicky Artanto, Muqowim, & Rr. Ayu Dewi Widowati. (2022). Strategi Guru Penggerak dalam Menumbuhkan Karakter Moderat pada Peserta Didik Melalui Literasi di Madrasah. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 16–31. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.238

Dispusip. (2019). Konsep Dasar Literasi. Jakarta: Universitas Terbuka.[Online] Diakses Dari …, 1–14. https://dispusip.pekanbaru.go.id/konsep-dasar-literasi/

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Ferguson, B. (2005). Information literacy: A primer for teachers, librarians, and other informed people. In Information Literacy (pp. 1–14). https://bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf

Ghufron. (2020). Teori-teori Kepimpinan. FENOMENA, Vol. 19 No. 1 April 2020, 19(1), 73–79.

Handayani, N. N. L. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Lampuhyang, 14(2), 144–159. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.354

Hasanah, J., Zainal Alim, M., Febriansyah, V., & Isa Anshori, M. (2023). Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Transformasional: Sistematika Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahapeserta didik, 1(4), 248–261. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i4.502

Irawati, R. A., & Supriyanto. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Literasi di SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(04), 901–913.

Juminingsih, J. (2019). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Negeri Trangsan 02 Gatak Kabupaten Sukoharjo Dalam Mendukung Keberhasilan Kegiatan Belajar Abad 21. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 56–64. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8255

Kemdikbud. (2020). Merdeka Belajar Episode Kelima Guru Penggerak. Guru Binar. https://gurubinar.id/blog/guru-penggerak?blog_id=187

Khoirunnida, F. L., & Yusuf, S. M. (2022). Penguatan Literasi Pembelajaran IPS dalam Menghadapi Perubahan Sosial Budaya Generasi Z Era 4.0. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 3(2), 131–141. https://doi.org/10.21154/asanka.v3i2.5028

Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156–164. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1462%0Ahttp://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/download/1462/1278

Mulyasa, H. E. (2020). MENJADI GURU PENGGERAK MERDEKA BELAJAR (L. Darojah (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432

Nurhidayati, E. (2017). PEDAGOGI KONSTRUKTIVISME DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN INDONESIA. International Journal of Educational Counseling, 1(1), 1–14.

Nurwahidah, I., Sopyan Iskandar, & Tita Mulyati. (2023). Program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1281–1289. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6111

OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

OECD. (2019b). Programme for International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 18–26. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Peserta didik Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Qulsum, D. H. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315–330. https://doi.org/10.22146/jkn.71741

Refriyanti, N., Munir, S., Demina, & Khairat, A. (2023). Strategi Menciptakan Budaya Literasi di MTsN 10 Tanah Datar. ISLAMIKA Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5, 1440–1454.

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.

Roni Harsoyo. (2022). Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 247–262. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.

Setiawan, S., Sulistyo, H., & Manaf, S. (2021). STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 56(51), 56–71.

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53

Ubaydillah, R. T. (2022). Revitalisasi Budaya Literasi Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Rifqi. Jurnal Pendidikan, 5(1), 21–28.

Yoenanto, N., & Riowati. (2022). Peran Guru Penggerak Pada Merdeka Belajar Untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(8.5.2017), 1–16.

Downloads

Published

2024-07-03