PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16028Keywords:
Augmented Reality, Booklet, Karakter Rasa Ingin Tahu, Sistem Tata SuryaAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media booklet terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu siswa pada materi sistem tata surya yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE atas lima tahapan analisis, perancangan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari validator ahli materi dan ahli media, 13 siswa kelas VI SDN 3 Jatikalen, 22 siswa kelas VI SDN 6 Sidoharjo, serta 2 guru kelas VI. Instrumen pengumpulan data melalui angket dan lembar observasi. Hasil uji validitas berdasarkan validator ahli materi memperoleh nilai validitas sebesar 90%, sedangkan berdasarkan validator ahli media diperoleh nilai sebesar 96%, keduanya berkategori sangat valid. Uji kepraktisan didapatkan nilai sebesar 98% berdasarkan siswa, sedangkan berdasarkan guru diperoleh nilai sebesar 100%, keduanya berkategori sangat praktis. Sedangkan, hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000, sehingga terdapat perbedaan signifikan hasil angket karakter rasa ingin tahu sebelum dan sesudah menggunakan booklet AR. Oleh karena itu, media booklet terintegrasi augmented reality yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu siswa.Downloads
References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran (A. Holid (ed.)). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arifin, M., & Fahrizal, M. (2021). Pengenalan Jenis-Jenis Fauna Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Ar (Augmented Reality). Jurnal Portal Data, 1(1), 2021–2022. http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/8
Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210–218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153
Branch, R. M. (2009). Instructional Design. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438
Faiqoh, E. (2021). Efektivitas penggunaan media booklet dibandingkan dengan leaflet dalam meningkatkan pengetahuan variasi menu MP-ASI pada ibu balita. In Doctoral dissertation.
Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10–17. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1234
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL e-DuMath, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Milandari, H., Alamsyah, T. P., & Hendracipta, N. (2023). Pengembangan Media Booklet Math Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Sd. 08(September), 1–23.
Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.29406/524
Putra, W. P., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Multimedia Sistem Tata Surya pada Muatan IPA. Mimbar Ilmu, 26(1), 108. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32183
Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429
Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797–802. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973
Setyawan, B., Rufi’i, & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality In Science Learning For Elementary School Students. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90. https://doi.org/10.4108/eai.25-11-2021.2318819
Tresnawati, D., Rahayu, S., & Yusuf, K. (2021). Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Algoritma, 18(1), 182–191. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.18-1.954
Wardani, S. A., & Janattaka, N. (2022). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Tema 8 Kelas Iii Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(4), 365–374. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i4.2035
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.