IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MRAWAN 01

Authors

  • Arista Eka Kumalasari Universitas Jember
  • Defi Shofiyani Universitas Jember
  • Fayza Dwi Ega Leonida Universitas Jember
  • Febrianti Dwi Anggita Universitas Jember
  • Nanda Tiara Putri Universitas Jember
  • Nur Ahmad Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16021

Keywords:

Pembelajaran IPA, Hasil Belajar, STEM, Project based learning, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah salah satu cara efektif untuk memicu kreativitas peserta didik. Dalam upaya peningkatan pemahaman dan minat belajar peserta didik pada materi air dan sumber daya alam melalui penjernihan air sederhana maka diterapkan model pembelajaran Project based learning berdasar Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk menciptakan sistem belajar terpadu karena keempat komponennya dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah secara bersamaan. Project based learning merupakan suatu model pembelajaran bertujuan untuk memecahan masalah. Pendidikan berbasis STEM bertujuan mengembangkan pengetahuan di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika, untuk mengasah keterampilan penting seperti investigasi ilmiah, komunikasi, kolaborasi, kreativitas dan berpikir kritis. Penggunaan pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini untuk mengetahui nilai pretest dan posttes sebagai hasil penelitian, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen menggunakan tes. Nilai pretest dan posttest siswa digunakan sebagai acuan untuk mengukur pemahaman dan keefektifan penerapan Project based learning berbasis STEM mengenai eksperimen penyaringan air sederhana dengan membandingkan hasil dari nilai pretest dan posttest. Dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, diketahui terjadi peningkatan pada hasil kegiatan belajar dan aktivitas siswa. Produk dari penelitian diperoleh melalui nilai posttest siswa di kelas kontrol dan eksperimen. Perbedaan  terlihat cukup signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Peningkatan hasil belajar terjadi pada kelas eksperimen yang menerapkan model Project based learning berbasis STEM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bursa, A. M., W. W. Sari, L. Stephanie, & I. P. Rahayu. (2022). Panduan dan Praktik Baik Project based learning Menginspirasi, Mencipta, dan Mendedika Mendedikasi Karya. Sleman: PT KANISIUS.

Farwati, R., K. Metafisika, M. Isnaini, E. E. Putra, D. F. Solikha, D. S. Sitinjak, I. Sari, F. Novriyanti, N. Nuraini, K. W. Sari, D. Ardian, D. R. Dani, B. Muniroh, M. K. Kalam, A. Pratama, S. Aniella, S. Shantika, N. Silvia, A. Mawarni, E. N. Saputri, A. Juwita, R. S. Nurjanah, I. D. Agustin, N. Khotimah, A. Sukma., & B. Febrianty. (2021). STEM Education Dukung Merdeka Belajar. Riau: DOTPLUSH Publisher.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024-5034.

Novallyan, D., D. Gusfarenie, R. Safita, N. Nehru., & C. Riantoni. (2022). Pembelajaran Berbasis STEM. Pekalongan: Penerbit NEM.

Rohim, M. (2020). Teknologi Tepat Guna Air Bersih. Pasuruan: CV Penerbit Kiara Media.

Saputra, I. G. P. E. (2024). Efektivitas discovery learning terintegrasi kearifan local terhadap pemahaman konsep fisika di era kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 14(1), 469-479.

Ummah, D. N, & Nadlir, N. (2023). Kurikulum merdeka dan integrasi media pembelajaran berbasis digital pada jenjang SD/MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 26-38.

Vegatama, M. R., Willard, K., Saputra, R. H., Sahara, A., & Ramadhan, M. A. (2020). Rancang bangun filter air dengan filtrasi sederhana menggunakan energi listrik tenaga surya. PETROGAS: Journal of Energy and Technology, 2(2), 1-10.

Wahyuni, S., Hartono, F. V., Hafizhah, N., Slavira, L. D., Astutik, D. S., Lisnawati, W., & Izmarini, D. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 963-969.

Downloads

Published

2024-07-14