PENGUATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAS MA’ARIF YOGYAKARTA

Authors

  • Zunus Arifin MAGISTER PAI UIN SUNAN KALIJAGA
  • Ahmad Arifi Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Abror Indal Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Hibban Wijdan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Ghozil Aulia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16020

Keywords:

Keywords: Strengthening, Distance Learning, PAI, Learning Motivation

Abstract

ABSTRACT The digital era makes education easier and more efficient. Many students nowadays have gadgets with advanced technology in them. So in learning it is necessary to utilize distance media that can be accessed anytime and anywhere. Access to information and learning resources can be obtained easily through social media with the help of the internet. This is necessary to improve the quality of learning and face modern times. Therefore, this researcher aims to: (1). Describe the distance learning process for PAI subjects at SMAS Ma'arif Yogyakarta. (2). Explaining efforts to strengthen the distance learning process for PAI subjects. (3). Explains how to increase student learning motivation in PAI subjects at SMAS Ma'arif Yogyakarta. This research uses a qualitative approach. This research is field research (field research). The subjects of this research were Islamic Religious Education subject teachers, school principals, and students of SMAS Ma'arif Yogyakarta. In the data collection process, the author used several methods, namely observation, documentation and interviews. Meanwhile, for data analysis, the author used a qualitative descriptive method. For the validity of the data, the author used data triangulation techniques. The results of the research show that at SMAS Ma'arif Yogyakarta, learning is implemented: (1). In strengthening PJJ, teachers provide students with fun learning models through media google classroom. (2). Strengthening Learning Teachers carry out monitoring or activities outside of class hours, these activities can be structured or unstructured depending on needs. (3). Teachers provide motivation to learn by guiding, giving praise, and inviting parents to encourage their children. Keywords: Strengthening, Distance Learning, PAI, Learning Motivation.   ABSTRAK Era digital menjadikan pendidikan semakin mudah dan efisien. Siswa sendiri saat ini banyak yang memiliki gadget dengan teknologi canggih didalamnya. Sehingga dalam pembelajaran pun perlu memanfaatkan media jarak jauh yang bisa diakses kapan pun dan dimanapun. Akses informasi dan sumber belajar, dapat diperoleh dengan mudah melalui media sosial dengan bantuan internet. Hal ini perlu untuk meningkatkan mutu pembelajaran maupun menghadapi masa modern. Oleh sebab itu peneliti ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan proses pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PAI di SMAS Ma’arif Yogyakarta. (2). Menjelaskan upaya penguatan  proses pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PAI. (3). Menjelaskan cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAS Ma’arif Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, dan Siswa-Siswi SMAS Ma’arif Yogyakarta. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk analisis datanya penulis menggunakan metode deskriftif kualitatif. Untuk keabsahan datanya penulis menggunkan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMAS Ma’arif Yogyakarta menerapkan pembelajaran: (1). Dalam penguatan PJJ guru memberikan model pembelajaran siswa yang menyenangkan melalui media google classroom. (2). Penguatan Pembelajaran guru melakukan pemantauan-pemantaun atau kegiatan-kegiatan di luar jam pelajaran, kegiatan tersebut ada yang terstruktur maupun tidak struktur tergantung kebutuhan. (3). Guru memberikan motivasi belajar dengan membimbing, memberikan pujian, dan mengajak orangtua untuk memberikan semangat kepada anaknya. Kata kunci: Penguatan, Pembelajaran Jarak Jauh, PAI, Motivasi Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz, Hamka. 2016. Karakter Guru Profesional. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Abidin, Zainal. Rumansyah, dan Kurniawan Arizona, “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi COVID-19”, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 5, No. 1, 2020, 64-70

Alghifary, Mohammad Ilham (2021). Pembelajaran Jarak Jauh dengan Pemanfaatan Google Classroom dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IX SMP N 4 Tulungagung Di Era Pandemi Covid-19. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Al-Toumy al-Syaibaniy, Muhammad, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, (terj.) Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang,1979.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. (Jakarta: Rineka Cipta)

Awa Yusriwati (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid 19 Siswa Kelas VIII Di SMP YMIK Joglo, Jakarta Barat. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Barnawi Dan M. Arifin, Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Brahma, Ismail Akbar. 2020, “Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi pada Mahasiswa PPKN di STIP Kusumanegara Jakarta”, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol 6, No 2, , 97-102.

Budiningsi, Asri, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Darmayanti, Tri. “E-Learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia”, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Vol. 8, No. 2, 2007, 99-113.

Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi Di Ruang Kelas, Yogyakarta: Kanisius.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Elpira, Bella. 2018. “Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaan Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam

Fatmawati, E. (2020). Kompetensi Literasi Digital dalam Menghadapi Infodemi. Kolaborasi, Riset, dan Volunterisme Membangun Resiliensi dalam Gejolak Pandemi. 93-109. Diakses dari https://covid19.go.id/edukasi/masyarakatumum/kolaborasi-riset-dan-volunterisme-membangun-resiliensi-dalamgejolak-pandemi.

Feri Sulianta. 2020. Literasi Digital Riset, Perkembangannya, Dan Persfktif Social Studies, Bandung: Feri Sulianta.

Firda Maulidina (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid19: Studi Kasus Terhadap Pembelajaran PAI Di Kelas Viii SMPN 3 Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hanna Lathifah (2021). Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di SMPN 1 Geger Madiun. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Herlina, Dyna. Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/...Msc/Membangun-KarakterBangsa-Melalui-Literasi-Digital.Pdf, 2020.

Indah Kurnianingsih. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah Dan Guru Di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 1, September 2017.

J. Moleong Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya).

Jannah, Saniatu Nisail dan Uep Tatang Sontani. 2018. Sarana dan Prasarana Pembeljaran sebagi Faktor Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 3. No. 1. Hal 212213.

Kentnor, Hope E. (2017). “Distance Education and The Evolution of Online Learning in the United States” Curriculum and Teaching Dialogue, Vol. 17, No. 1&2, 2015, 21-34.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Materi Pendukung Literasi Digital, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Kurnia Novi, Engelbertus Wendratama, Dkk, (2019). Literasi Digital Keluarga Teori Dan Praktik Pendampingan Orangtua Terhadap Anak Dalam Berinternet, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kurnia, Novi “Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra”, dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kurnia, Novi. 2019. Literasi Digital Keluarga Teori dan Praktik Pendampingan Orang Tua dalam Berinternet. Yogyakart: Gadjah Mada University Press,.

Layyina, C., & Radino, R. (2022). Peran Guru Fiqih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Disiplin Ibadah Melalui Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 19 (1), 1-12.

Mahmudah Nur, (2019). Literasi Digital Keagamaan Aktivis Organisasi Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Di Kota Bandung, Jurnal Smart Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi Vol. 5 No. 1 Juni 2019.

Merriam-Webster. (2020). Infodemic: An Epidemic of Information | MerriamWebster. Diakses dari https://www.merriam-webster.com/words-atplay/words-were-watchinginfodemic-meaning (diakses pada 6 Januari, 2022, pukul 2:55 WIB)

Muhaimin, 2002. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, (Bandung: Rosdakarya), Cet II, hal. 76-77.

Mulisa Ferti (2018). Keterampilan Guru Memberikan Penguatan (Reinforcement) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMP Negeri 3 Wera Kab. Bima NTB. Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mulyasa, 2013, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, Isniatun.(2005). “Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh”, Majalah Ilmiah Pembelajaran, Vol. 1, No. 2, 2005, 171-181.

Muzakkir, (2012), Microteaching Teori dan Aplikasinya dalam Pembelajaran, Makassar: Alauddin University Press.

Moh. Haitami Salim Dan Syamsul Kurniawan, (2012) Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Nur Aksin, (2016) Pandangan Islam Terhadap Pemanfaatan Media Sosial, Jurnal Informatika Upgris, Vol. 2 No. 2, Desember 2016.

Prastowo,Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press, Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi, Survey Penggunaan TIK Tahun 2017, (Jakarta : Komunikasi Publik Badan Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, 2017), h. 39

Purwanto, 2012. “Motivasi Belajar dalam Pendidikan Islam”, Jurnal At-Tajdid. 2 (2), 231.

Ramayulis, (2002). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Sabri, Ahmad, 2007, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Ciputat: Ciputat Press.

Sahidillah, Muhammad Wildan dan Prarasto Miftahurrisqi, “Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa”, Varia Pendidikan, Vol. 31, No. 1, 2019, 52- 57.

Saleh, Abdul Rahman. 2004. Psikologi : Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers..

Sarlito, 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sondang. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suhery, dkk. 2020. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. JIP, Vol.1, No.3.

Sunadi, Lukman. 2013. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI 115 IPS Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya“. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 1 (3), 5.

Suprihatin, Siti. 2015. “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan Ekonomi. 3 (1) , : https://doi.org/10.24127/ja. v3i1. 144.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Manajemen .(Bandung: Alfabeta)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, R & D. (Bandung: Alfabeta)

Suhardi,,Didik. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Suharsaputra Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif DanTindakan. (Bandung: PT Refika Aditama)

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syamsia, 2010. Pengaruh Pemanfaatan Media Pendidikan dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Al-Muhajirin Margolembo, Skripsi, (STAIN 2010).

Syaodih, Nana Syaodih Sukmadinata Dan Erliana Syaodih, 2012. Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi, Bandung: Refika Aditama.

Syari Ahmad, 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta:Pustaka Firdaus.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

World Health Organization. (2020). Infodemic. Diakses dari https://www.who.int/health-topics/infodemic#tab=tab_1. (diakses pada Januari 14, 2022, pukul 11.00 WIB).

World Health Organization. (2020, Oktober 12). Q&A on Coronaviruses (COVID19). Diakses dari https://www.who.int/emergencies/diseases/novelcoronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-diseasecovid-19. (diakses pada Januari 14, 2022, pukul 09.00 WIB).

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2024-06-30