MEMBANGUN KOLABORASI STAKEHOLDER DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM

Authors

  • Saima Sonang Pohan UIN Sumatera Utara
  • Neliwati Neliwati uin sumatera utara
  • Muhammad Ridho uin sumatera utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15834

Keywords:

Kata kunci: takeholder, manajemen kurikulumKata kunci: takeholder, manajemen kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya kolaborasi stakeholder dalam manajemen pembelajaran kurikulum di MTs Al-Jam'iyatul Washliyah Tembung, Medan. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa sekolah telah berupaya membangun kolaborasi antara kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua/wali murid. Namun, terdapat tantangan seperti kesulitan menyesuaikan jadwal pertemuan, perbedaan perspektif, dan kurangnya platform komunikasi yang memadai. Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi jadwal pertemuan, pengembangan platform komunikasi online, pelatihan untuk membangun pemahaman bersama, penguatan kepemimpinan transformasional, dan pelibatan stakeholder dalam pengambilan keputusan. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya strategi yang terstruktur dan sistematis untuk meningkatkan kolaborasi stakeholder dalam manajemen pembelajaran kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z., & Fardani, A. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Kolaborasi Guru untuk Pengembangan Profesional. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2).

Creese, A. (2004). Bilingual Teachers in Mainstream Secondary School Classrooms: Using Turkish for Curriculum Learning. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 7(2–3), 189–203. https://doi.org/10.1080/13670050408667808

Hamdani, A., & Priatna, A. (2021). Membangun Pemahaman Bersama Stakeholder tentang Kurikulum dan Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, 4(2).

Harianto, Neldi. (2018). Beberapa Perbedan Masalah-Masalah Nahwu Antara Bashrah dan Kufah dalam Kitab Al-Inshaaf Fi Masaa’il Al-Khilaf Bain Al-Nahwiyyin Al-Basryyin Wa Alkufyyin dan Dalil-Dalil Nahwu yang Digunakan. Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 3(1).

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2019). Kepemimpinan Transformasional dan Kolaborasi Stakeholder dalam Implementasi Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2).

Lambert, K., Ford, A., & Jeanes, R. (2024). The association between physical education and academic achievement in other curriculum learning areas: A review of literature. Physical Education and Sport Pedagogy, 29(1), 51–81. https://doi.org/10.1080/17408989.2022.2029385

Lancaster, E. A., & Rikard, G. L. (2002). Across the Curriculum Learning through Movement. Middle School Journal, 33(3), 28–33. https://doi.org/10.1080/00940771.2002.11494671

Nugroho, R., & Sari, E. (2020). Pemanfaatan Media Sosial untuk Kolaborasi Stakeholder Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1).

Pratiwi, S. N., & Nurhayati, E. (2020). Manajemen Kurikulum Berbasis Kolaborasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1).

Rahmawati, Y., & Anggraini, D. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Kolaborasi Stakeholder Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2020). Kolaborasi Kepala Sekolah, Guru, dan Orang Tua dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1).

Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-04