PROFIL KETERAMPILAN TARI MAHASISWA CALON GURU SD/MI IAIN PONTIANAK DALAM PROYEK TARI KREASI

Authors

  • Akhmad Zaini IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15778

Keywords:

Tari Kreasi, Kreativitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan tari mahasiswa calon guru Sd/MI dalam proyek tari kreasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian 120 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTIK IAIN Pontianak. Data penelitian didapatkan dari hasil penilaian unjuk kerja dengan menggunakan rubrik penilaian kreatifitas sebagai rujukan. Data dinanalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dangan menghitung rata-rata nilai kreativitas mahasiswa dalam tari kreasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa menciptakan produk tari kreasi yang berpijak pada tarian daerah sangat tinggi dengan rata-rata nilai 92 pada tari melayu dan 90 pada tari Dayak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas mahasiswa prodi PGMI IAIN dalam menbuat tari kreasi masuk dalam kategori tinggi.   Kata Kunci: Kreativitas, Tari Kreasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Degraff, J., & Lawrence, K. A. (2002). Kreativitas di Tempat Kerja Mengembangkan Praktik yang Tepat untuk Mewujudkan Inovasi, Seri Manajemen Sekolah Bisnis Universitas Michigan. Jossey-Bass a Wiley Company.

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media Group.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Refika Aditama.

Masunah, J. (2012). Tari Pendidikan Bahan Ajar Mata kuliah. UPIpress.

Rahayu, E., H. Susanto, D., & Yulianti. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 106–110.

Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemmapuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah, 4(1), 37–48.

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22–26.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.

Downloads

Published

2024-07-01