PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS II SDN 83 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15720Keywords:
1Strategi pembelajaran aktif, 2Index Card Match, 3hasil belajar siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran aktif Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II SDN 83 Singkawang. 2) Menentukan seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran aktif Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II SDN 83 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen sederhana dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II SDN 83 Singkawang. Sampel penelitian diambil menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Strategi pembelajaran aktif Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II SDN 83 Singkawang. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t yaitu sebesar 2,369 dan sebesar 2,022 diperoleh yaitu maka diterima dan ditolak. 2) Strategi pembelajaran aktif Index Card Match berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas II SDN 83 Singkawang. Hal ini ditunjukkan dari hasil Effect Size = 1,80.Downloads
References
Ahmad, I. (2016). Pendidikan Pendidikan Pancasila (I. Ahmad (ed.); 1st ed.). RISTEKDIKTI.
Akbar, R. A., Pujiastuti, & H, S. A. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match ( ICM ) dengan Media Gambar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2013 / 2014) ( The Effect of Index Card Match (ICM) Learning Strateg. Jurnal Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 6.
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 6.
Alfiana, Deswita, H., & Afri, L. E. (2015). Pengaruh Strategi Belajar Aktif Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Matemarika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kepenuhan. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika UPP, 1(1), 6.
Aprilia, R. D., & Husniyah, H. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Pondok Modern Paciran. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 17.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asih Widi Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Bima, A. F., & Widodo. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 6.
Cahyani, I. N., Mulyana, D., & Cahyono. (2023). Lucerna : Hubungan Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 11.
Delianti, P. I., Tasrif, E., & Dewi, I. P. (2018). Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar simulasi digital. Jurnal Voteknika, 6(1), 9.
Gorgonia, Hardigaluh, B., & Wahyuni, E. S. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatuliswa (JPPK), 5(3), 14.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran Yogyakarta: Insan Madani.
Hisyam Zaini & dkk. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Indrianingtyas, A. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match dan Motivasi Belajar Terhadap Daya Ingat Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Ma’arif Cekok Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education and Development, 10(3), 3.
Kusumah, R., & Lestari, N. A. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V SDN Pajambon. Jurnal Ilmiah Educater, 5(1), 9.
Muliyani, R., Kurniawan, Y., & Sandra, D. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Terpadu Siswa melalui Implementasi Levels of Inquiry (LoI). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 6.
Munirah. (2015). Keefektivan Strategi Brainstorming Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Konfiks, 2(2), 16.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 9.
Purwati, N., & Yunisrul. (2020). Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III Sekolah Dasar The Effect of the Index Card Match type Active Learning Strategy on Student Learning Outcames in Integra. 8(9), 11.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 11.
Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, 25(1), 34.
Rizkianida, R., Artharina, F. P., & Hariyanto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Pancasila Melalui Metode Index Card Match Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 9.
Rodiyah, U., Oviyanti, F., & Hapida, Y. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan.Jurnal Bioilmi 4(1), 3.
Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning:101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Siswanto, U. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Universitas Tanjungpura.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif-Kualitatif Cetakan Kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryaniati, Musfirah, & Reski, D. P. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Aplikasi Teachmint. Pinisi Journal PGSD, 2(November), 8.
Susanti, Rahayu, T., & Siswanto, A. (2022). Pengaruh Strategi Index Card Match Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam Sidogede. Jurnal Prodi PGMI AL-Misbah, 8(2), 26.
Susanto, Ahmad. (2016) Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syafitri, A., Syahrilfuddin, & Putra, Z. H. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 003 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 8.
Tias, I. W. U., Putri, B. D., & Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 11.
Triyani, T., Handayani, D. E., & Prasetya, S. A. (2019). Pengaruh strategi Index Card Match Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN PANDEAN Lamper 05 SemarangG. 4(1), 5.
Wahyuningsih, S., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Salatiga. JP3M (Jurnal PGSD, Penjaskesrek, PPKN Dan Matematika, 2(2), 10.
Yuniarto, B., Lama’atushabakh, M., Maryanto, & Habibi, A. (2022). Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Matematika. Sosial dan Sains, 2(1), 9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.