TRANSFORMASI SUPERVISI MANAJERIAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENGELOLAAN DI SD NEGERI 3 BANDA ACEH

Authors

  • Musriadi Universitas Bina Bangsa Getsempena, Aceh, Indonesia
  • Syarfuni Universitas Bina Bangsa Getsempena, Aceh, Indonesia
  • Akmaluddin Universitas Bina Bangsa Getsempena, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15611

Keywords:

Transformation, implementation, managerial supervision, quality

Abstract

This research aims to analyze the implementation of managerial supervision in improving the quality of management in SD Negeri 3 Banda Aceh. The research method used is descriptive method with a qualitative approach. Data were collected through observation, interviews, and documentary studies. The research respondents are the school principal, teachers, and school staff involved in the managerial supervision process. Data analysis technique uses the interactive model by Miles and Huberman. The research findings indicate that the implementation of managerial supervision in SD Negeri 3 Banda Aceh still faces several challenges, including a lack of deep understanding of managerial supervision concepts, resource constraints, and a lack of training for supervisors. However, efforts have been made to improve the quality of school management through managerial supervision activities, such as teacher mentoring, curriculum development, and school resource management. The implications of this research are the need to improve the understanding and managerial skills of school supervisors, as well as the expansion of resources and support for effective implementation of managerial supervision to improve the quality of management in SD Negeri 3 Banda Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Moch., and Syunu Trihantoyo. 2021. “Peran Layanan Khusus Guna Menunjang Pembelajaran Peserta Didik.” Inspirai Manajemen Pendidikan 9(5):1197–1208.

Asrul, Syafaruddin; 2014. Manajemen Kepengawasan Pendidikan.

Badani, Badani, M. Nur Mustafa, and Hasnah Faizah AR. 2020. “Peranan Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sdn Di Kecamatan Rumbio Jaya.” Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif 4(1):19. doi: 10.31258/jmppk.4.1.p.19-26.

Damayanti, Wida. 2016. “Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Di SMK Negeri 1 Salatiga Menghadapi PKG 2016.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26(1):80–86.

Fahmi, Cut Nurul, Eli Nurliza, Murniati AR, and Nasir Usman. 2018. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Serambi Ilmu 30(2):104. doi: 10.32672/si.v30i2.755.

Harliansyah, and Lorensius Amon. 2022. “Analisis Kompetesi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikam Menengah Kejuruan.” Jimak 1(1):147–62.

Islam, M. H. 2024. “Supervisi Kepala Madrasah Pada Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Pertama Badridduja Full Day School.” Jurnal Kewarganegaraan 8(1):210–24.

Izzuddin, Izzuddin. 2020. “Peran Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora 6(2):73–86. doi: 10.37842/sinau.v6i2.39.

Julkifli, Hamidah Darma, Samsila. 2022. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Menjelaskan Dan Mengadakan Variasi Mengajar Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif Di SMK BM Sinar Husni Medan.” 11(2):53–54.

Kristiawan, Muhammad, MPd Yuyun Yuniarsih, MPd Happy Fitria, and MPd Nola Refika SPd. 2019. “Supervisi Pendidikan.” 1(2):1–3.

Lubha, Muhammad Syaifuddin, and Syahraini Tambak. 2022. “Supervisi Kepegawaian ( Ketenagaan ) Pendidikan.” Jurnal Ilmu Multidisiplin 1(2):326–33.

Mediatati, Nani, and Dionisius Heckie Puspoko Jati. 2022. “Supervisi Kepala Sekolah: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 6(3):422–31. doi: 10.23887/jppp.v6i3.48774.

Mulyasa. 2013. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, H. E., and Anang Solihin Wardan. 2014. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyati, Ariadna. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan.” Jurnal El-Idarah Manajemen Pendidikan Islam 8(2):1–16.

Nuraini, Nuraini, Muhammad Syaifuddin, and Syahraini Tambak. 2022. “Supervisi Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra Positif Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(2):849–56. doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1182.

Oktiani, Ifni. 2017. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan 5(2):216–32. doi: 10.24090/jk.v5i2.1939.

Rahmah, Nur. 2016. “Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 1(1):73–77. doi: 10.24256/kelola.v1i1.430.

Sahertian, A. Piet. 2014. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sariakin. 2023. Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan; Tinjauan Dari Perspektif Manajemen Pendidikan. 1st ed. Surabaya: Pustaka Aksara.

Sariakin, Yulsafli, and Rahmattullah. 2023. “Pengaruh Pelaknasanaan Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran.” NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 4(4):828–35. doi: 10.55681/nusra.v4i4.1635.

Sariakin, Yulsafli, Budi Rizka, and Teuku Mahmud. 2023. “Kesulitan Mahasiswa Dalam Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Via Online Selama Pandemik Covid-19.” Jurnal Metamorfosa 11(1):48–70. doi: 10.46244/metamorfosa.v11i1.2059.

Syafah, Aqilla, Marwah Pohan, Ayyu Purnama, Maulana Yontino, Maya Masita, Nurul Bayani, and Batu Bara. 2022. “Metode Pengembangan Supervisi Kurikulum Di Yayasan Hikmatul Salridho Method of Developing Curriculum Supervision At the Hikmatul Salridho Foundation.” Journal Analytica Islamica 11(1).

Syafi’i, Imam. 2022. “MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA.” 1(1):149–62.

Syaifullah, S. 2017. “Kemitraan Pengawas Sekolah Dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Sma Negeri Di Kecamatan Wera ….” Jurnal Pendidikan Ips 7(2):90–95.

Yulaekah, Yulaekah, Muhammad Syaifuddin, and Syahraini Tambak. 2022. “Supervisi Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Paudq Aisyah Kota Batam.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(2):841–48. doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1180.

Downloads

Published

2024-06-30