EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SENI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Devi Istiana Universitas Negeri Semarang
  • Eka Titi Andaryani Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15609

Keywords:

Media Audio Visual, Pembelajaran Seni

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk meningkatkan aktivitas guru melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran seni budaya pada siswa kelas VI di SD Negeri Wangandawa 02; (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas VI di SD Negeri Wangandawa 02 melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Seni Budaya; dan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran Seni Budaya siswa kelas VI di SD Negeri Wangandawa 02 melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Seni Budaya. Hasil penelitian bahwa: 1) Penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran bernyanyi dapat meningkatkan aktivitas guru di kelas VI SD Negeri Wangandawa 02. Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran pada pretest rata-rata persentase yang dilakukan oleh guru sebesar 71,00%. Pada posttest rata-rata persentase keberhasilan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebesar 86,00%; (2) Penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran bernyanyi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas VI SD Negeri Wangandawa 02. Keberhasilan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran pada pretest yang dilakukan oleh siswa sebesar 63,33. Pada posttest keberhasilan aktivitas yang dilakukan oleh siswa sebesar 87,50%; dan (3) Melalui penggunaan media audio visual pada pembelajaran bernyanyi di kelas VI SD Negeri Wangandawa 02 dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest yakni secara klasikal sebanyak 56,67% siswa yang mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata sebesar 74,00 Sementara itu, pada posttest meningkat menjadi 86,00% dengan nilai rata-rata 82,04.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bintang, S., Alim, A., & Umam, K. (2019). The Influence Of Use Audio Visual Media ToIncrease The Development Of Early Childhood Language. JURNAL INDRIA Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal,IV (Ii), 146–155

Fernadi, M. F. (2022). Peran Maksimal Perpustakaan sebagai Media Pendidikan bagi Siswa. JIEL

Ibrahim, M. A., & dkk. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya

Lubis, T. C., & Mavianti. (2022). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Anak. Raudhah

Maheswari, G., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2523–2530.

Maulida, D. H., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Pengaruh Media Audio visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas Vi Sd Negeri Perdopo 02 Gunung wungkal. Journal On Education,5(2), 3381–3387

Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik dan Fungsi MediaPembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaaratul 'Ulum

Silalahi, D. E. (2022). Media Pembelajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Yusnawaty, Y., Imamah, Y. H., & Mashar, A. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Audi Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 1 Canggu Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Manajemen dan Pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-30