EFEKTIFITAS PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SENI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15609Keywords:
Media Audio Visual, Pembelajaran SeniAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk meningkatkan aktivitas guru melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran seni budaya pada siswa kelas VI di SD Negeri Wangandawa 02; (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas VI di SD Negeri Wangandawa 02 melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Seni Budaya; dan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran Seni Budaya siswa kelas VI di SD Negeri Wangandawa 02 melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Seni Budaya. Hasil penelitian bahwa: 1) Penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran bernyanyi dapat meningkatkan aktivitas guru di kelas VI SD Negeri Wangandawa 02. Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran pada pretest rata-rata persentase yang dilakukan oleh guru sebesar 71,00%. Pada posttest rata-rata persentase keberhasilan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebesar 86,00%; (2) Penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran bernyanyi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas VI SD Negeri Wangandawa 02. Keberhasilan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran pada pretest yang dilakukan oleh siswa sebesar 63,33. Pada posttest keberhasilan aktivitas yang dilakukan oleh siswa sebesar 87,50%; dan (3) Melalui penggunaan media audio visual pada pembelajaran bernyanyi di kelas VI SD Negeri Wangandawa 02 dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest yakni secara klasikal sebanyak 56,67% siswa yang mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata sebesar 74,00 Sementara itu, pada posttest meningkat menjadi 86,00% dengan nilai rata-rata 82,04.Downloads
References
Bintang, S., Alim, A., & Umam, K. (2019). The Influence Of Use Audio Visual Media ToIncrease The Development Of Early Childhood Language. JURNAL INDRIA Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal,IV (Ii), 146–155
Fernadi, M. F. (2022). Peran Maksimal Perpustakaan sebagai Media Pendidikan bagi Siswa. JIEL
Ibrahim, M. A., & dkk. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya
Lubis, T. C., & Mavianti. (2022). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Anak. Raudhah
Maheswari, G., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2523–2530.
Maulida, D. H., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Pengaruh Media Audio visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas Vi Sd Negeri Perdopo 02 Gunung wungkal. Journal On Education,5(2), 3381–3387
Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik dan Fungsi MediaPembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Idaaratul 'Ulum
Silalahi, D. E. (2022). Media Pembelajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Yusnawaty, Y., Imamah, Y. H., & Mashar, A. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Audi Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 1 Canggu Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Manajemen dan Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.