IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V SDN 03 KLEGEN KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Authors

  • Nurul Ostiqomah Universitas PGRI Madiun
  • Agnes Sudjanuawarini Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Rulviana Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15547

Keywords:

IPA, Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan bantun alat peraga pada siswa kelas V di SDN 03 Klegen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah 24 siswa kelas V. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Hasil belajar siswa sebelum penerapan pembelajaran berbasis proyek sangat rendah. Pada data pra-tindakan hasil belajar siswa memperoleh nilai ketuntasan klasikal sebesar 58,33%. Kemudian pada siklus I mencapai nilai ketuntasan klasikal 79,26%. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek mengalami peningkatan nilai klasikal sebesar 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 03 Klegen. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cyndiani1, Siti, Siti Nur Asmah, and Muhammad Aqmal Nurcahyo. 2022. “Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dalam Meningkatkan Minat Dan.” Journal of Professional Elemetary Education 1 (1): 56–64.

Dewi, Ni Kt Nik Aris, Ni Ny Garminah, and Kt Pudjawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 8 Banyuning.” Mimbar PGSD Undiksha 1 (1): 1–10.

Hutapea, Jonathan, and Mariati P Simanjuntak. 2017. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA.” INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika) 5 (1): 183–93. https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6597.

Iswantari, Indah. 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Paedagogy 8 (4): 490. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4126.

Kaif, Sitti Hermayanti, and Fajrianti Fajrianti. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Menguji Lemak Pada Makanan Melalui Metode Eksperimen Kelas V SDN 57 Buton.” Jurnal Elementary 6 (1): 1. https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.11851.

Lapase, Manawia H. 2021. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri Pinedapa.” Jurnal Paedagogy 8 (2): 134. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3492.

Lugiati, Lugiati. 2020. “Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Menggunakan Audio Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Journal of Education Action Research 4 (4): 481. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28645.

Martina Lona, Jusita. 2019. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 4 (2): 90–95. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p090.

Nisah, Nurul, Aan Widiyono, Milkhaturrohman Milkhaturrohman, and Nia Nur Lailiyah. 2021. “Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 8 (2): 114–26. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882.

Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal Rusdinal, and Yanti Fitria. 2020. “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (1): 327–33. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Purbosari, Para Mitta. 2016. “Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6 (3): 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238.

Setyawan, Ramadhan Indra, Agus Purwanto, and Nurratri Kurnia Sari. 2019. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Dikdas Bantara 2 (2): 81–93. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372.

Suhartono, and Anik Indramawan. 2021. Group Investigation Konsep Dan Implementasi Dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication.

Widiastutik, Dewi, Khusnul Fajriyah, Veryliana Purnamasari, and Susilo Raharjo. 2023. “Penerapan Model PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas v Sdn Tlogosari Kulon 01.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (1): 4090–96.

Widiyatmoko, A., and S. D. Pamelasari. 2012. “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan ALAT Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1 (1): 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013.

Wulandari, Fitria Eka. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 5 (2): 247–54. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257.

Downloads

Published

2024-06-30