UPAYA PENINGKATAN GERAK DASAR SISWA KELAS 4A DENGAN PERMAINAN SEDERHANA BOLA VOLI DI SDN KETINTANG 1

Authors

  • Satrya Kurnia Yanotama Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Vicky Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rofik Universitas Negeri Surabaya
  • Sasminta Christina Yuli Hartati Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Sumarsono SDN Ketintang 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15478

Keywords:

Kata Kunci: Gerak Dasar; Permainan; Bola Voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar siswa kelas 4A di SDN Ketintang 1 melalui penerapan permainan sederhana bola voli menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Data prasiklus menunjukkan rata-rata skor aspek kognitif sebesar 62, afektif 75, dan psikomotorik 79. Siklus 1 menghasilkan peningkatan pada semua aspek dengan rata-rata skor kognitif mencapai 70, afektif 80, dan psikomotorik 84. Siklus 2 menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dengan rata-rata skor aspek kognitif mencapai 80, afektif 83, dan psikomotorik 87. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami efektivitas penggunaan permainan sederhana bola voli sebagai metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan bola voli efektif dalam meningkatkan keterampilan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 4A, dan merefleksikan pentingnya pendekatan interaktif dalam pendidikan jasmani. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan panduan praktis bagi guru-guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wati, S. I., & Sari, A. D. I. (2024). Keterkaitan Permainan Tradisional “Boy-Boyan” dengan Mata Pelajaran PENJAS Materi Lari Jarak Pendek (SPRINT). PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(2), 47-54.

Fadlan, M. N., Dwi, D. F., Anshor, A. S., & Landong, A. (2023). Improving Basic Locomotor Movement Skills in Elementary School Students Through an Active Learning Approach Based on Traditional Games. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 6(2), 229-238.

Sabita, A., & Hartati, S. C. Y. (2024). Pengaruh Penerapan Modifikasi Permainan Softball terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10336-10346.

Oktarifaldi, O., Marta, I. A., Nugroho, A. W., Hardi, V. J., & Utomo, S. (2024). Keterampilan Gerak Dasar Kelompok Usia 7 sampai 9 Tahun siswa Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 9(1), 10-23.

Wahyudi, M. A., & Hartati, S. C. Y. (2024). Pengaruh Modifikasi Permainan Softball dalam Peningkatan Keterampilan Gerak Motorik dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15136-15146.

Azizah, E., Setyono, D. C., Jannah, S. C., & Munawaroh, H. (2024). Pengaruh Teknologi, Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 3(1), 62-76.

Tristya, I., & Syafrudin, U. (2024). Analisis Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kecanggihan Teknologi Gadget di Lingkungan Masyarakat. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 17-22.

Muslihati, M. (2024). Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 12.

Widiyanto, C. A., & Hartati, S. C. Y. (2018). Pengaruh permainan bola bakar terhadap rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas V SDN Babatan 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 94-100.

Yuliandra, R., Fahrizqi, E. B., & Mahfud, I. (2020). Peningkatan gerak dasar guling belakang bagi siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 204-213.

Downloads

Published

2024-06-17