MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MEDIA CANVA DI KELAS V SDN 03 KLEGEN

Authors

  • Primayesti Handa Isvandiari Program Profesi Guru, Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Rulfiana Program Profesi Guru, Universitas PGRI Madiun
  • Agnes Sudjanuwarini Program Profesi Guru, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15363

Keywords:

Hasil Belajar, Penyajian Data, Canva

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 03 Klegen pada mata pelajaran matematika materi penyajian data menggunakan media canva. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN 03 Klegen, Kabupaten Madiun. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media canva efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data. Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 21% (5 siswa) menjadi 67% (16 siswa) pada siklus I, dengan peningkatan sebesar 46%. Pada siklus II, persentase ini meningkat dari 67% (16 siswa) menjadi 87.5% (21 siswa), menunjukkan peningkatan sebesar 20.5%. Jadi, total persentase hasil belajar yang dimulai dari tahap pra siklus sampai dengan akhir siklus adalah 66.5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, N. I., & Deden (2022). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6. Balikpapan. Universitas Balikpapan

Audie, Nurul (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 2 (1), 586-595. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Citradevi, Cindy Paramita (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. 8(2), 270-275. Doi : https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525

Hanifah, Noor (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. 2(2), 226-233. doi: https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1339

Hapsari, Gita Permata P. & Zulherman (). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. 5(4), 2384 – 2394. doi : https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Nurseto, Tejo (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. 8 (1), 19-35 DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Sudjana. (2005). Metode Statistika, Bandung: Tarsito

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata PelajaranDasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Zanjani, Irsyat (2023) https://pskp.kemdikbud.go.id/berita/detail/313434/penguatan-literasi-dan-numerasi-melalui-kebijakan-merdeka-belajar-diapresiasi-dalam-seminar-di-pune-india

Downloads

Published

2024-06-30