MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MEDIA CANVA DI KELAS V SDN 03 KLEGEN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15363Keywords:
Hasil Belajar, Penyajian Data, CanvaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 03 Klegen pada mata pelajaran matematika materi penyajian data menggunakan media canva. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN 03 Klegen, Kabupaten Madiun. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media canva efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data. Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 21% (5 siswa) menjadi 67% (16 siswa) pada siklus I, dengan peningkatan sebesar 46%. Pada siklus II, persentase ini meningkat dari 67% (16 siswa) menjadi 87.5% (21 siswa), menunjukkan peningkatan sebesar 20.5%. Jadi, total persentase hasil belajar yang dimulai dari tahap pra siklus sampai dengan akhir siklus adalah 66.5%.Downloads
References
Anugrah, N. I., & Deden (2022). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6. Balikpapan. Universitas Balikpapan
Audie, Nurul (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 2 (1), 586-595. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Citradevi, Cindy Paramita (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. 8(2), 270-275. Doi : https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525
Hanifah, Noor (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. 2(2), 226-233. doi: https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1339
Hapsari, Gita Permata P. & Zulherman (). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. 5(4), 2384 – 2394. doi : https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Nurseto, Tejo (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. 8 (1), 19-35 DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Sudjana. (2005). Metode Statistika, Bandung: Tarsito
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata PelajaranDasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
Zanjani, Irsyat (2023) https://pskp.kemdikbud.go.id/berita/detail/313434/penguatan-literasi-dan-numerasi-melalui-kebijakan-merdeka-belajar-diapresiasi-dalam-seminar-di-pune-india
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.