PERAN RUMAH MAKAN NASI BRIYANI DAKUHI SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH ISLAM BAGI KARYAWAN DAKUHI

Authors

  • Syah Rani Maha Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zuliana Zuliana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15300

Keywords:

Islamic Religious Education, Role, Dakuhi Rice Briyani Restaurant

Abstract

The life of Islamic youth is identical to world affairs and especially the association of young people often puts aside the hereafter. Nasi Briyani Dakuhi restaurant takes an important role as a center of Islamic religious education for all its employees who dominate the young age. The purpose of this research is to find out how the implementation of Islamic religious education program in Nasi Briyani Dakuhi restaurant. This research uses descriptive qualitative method with the type of field research. The data collection techniques are observation, interview, and documentation. The purpose of holding Islamic religious education in this restaurant is to improve the quality of employees both in terms of knowledge, morals, self quality and being able to distinguish between halal and haram. Based on the research results found. There are 3 special programs that are carried out regularly, namely the implementation of fiqh recitation on Wednesdays, praying in congregation, and practicing shalawat 2000 times a day.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachtiar, Edi. 2014. “Shalat sebagai Media KomuniKAsi vertikal transendental.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam 5 (2).

Bunganegara, Muadilah Hs. 2018. “Pemaknaan Shalawat: Pandangan Majelis Dzikir Haqqul Yaqin.” Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis 9 (2).

Djaelani, Moh Solikodin. 2013. “Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat.” Jurnal Ilmiah WIDYA 1 (2): 100–105.

Faiz, A B D Karim. 2021. Waktu Shalat (Kajian Fiqih Dan Astronomi). ABD. Karim Faiz.

Fauzan, Muhammad Dzaki. n.d. “Aktifitas Bimbingan Agama Dalam Menumbuhkan Etos Kerja Karyawan Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya Cabang Depok.”

Firmansyah, Mokh Iman. 2019. “Pendidikan Agama Islam: pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 17 (2): 79–90.

Hamim, Nur. 2014. “Pendidikan akhlak: komparasi konsep pendidikan ibnu Miskawaih dan al-Ghazali.” Ulumuna 18 (1): 21–40.

Jailani, M Syahran. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 1 (2): 1–9.

Kesuma, Guntur Cahaya. 2017. “Pemberdayaan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Kehidupan Masyarakat Modern.” Al-Tadzkiyyah 8 (1): 177531.

Masykur, Mohammad Rizqillah. 2019. “Metodologi Pembelajaran Fiqih.” Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam 4 (2): 31–44.

Meriza, Iin. 2018. “Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 37–46.

Nabila, Nabila. 2021. “Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (05): 867–75.

Nawawi, Muhamad Sidi. n.d. “PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KESEJAHTERAAN GURU, SERTA PENGARUH KETIGANYA TERHADAP KINERJA GURU (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR REVIEW ILMU MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MANAJEMEN KEUANGAN)” 3 (1): 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.

Nur, Amiruddin Z, dan Nuriati Nuriati. 2018. “Pengamalan Ajaran Agama Islam Dalam Kehidupan Bermasyarakat.” Al-Mau’izhah: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam 1 (1).

Nur, Oktavianti. 2021. “PENGAMALAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI KARYAWAN RUMAH MAKAN AYAM PENYET SURABAYA CABANG PURWOKERTO.” IAIN Purwokerto.

Ramadhan, Ossi Marga. 2020. “Rekonstruksi Tujuan Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran Majid Irsan al-Kilani dan Ahmad Dahlan.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5 (1): 57–66.

Rohmah, Anny Nailatur, dan Ashif Az Zafi. 2020. “Jejak Eksistensi Mazhab Syafii di Indonesia.” Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam 8 (1).

Sahnan, Muhammad. 2017. “Urgensi perencanaan pendidikan di sekolah dasar.” Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 12 (2): 142–59.

Septiani, R Anisya Dwi, dan Deni Wardhana. 2022. “Implementasi program literasi membaca 15 menit sebelum belajar sebagai upaya dalam meningkatkan minat membaca.” Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5 (2): 130–37.

Shaifudin, Arif. 2019. “Fiqih dalam perspektif filsafat ilmu: Hakikat dan objek ilmu fiqih.” Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam 1 (2): 197–206.

Siddik, Hasbi. 2016. “Hakikat Pendidikan Islam.” Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 8 (1): 89–103.

Downloads

Published

2024-08-24