IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK KELAS 4 SD

Teams Games Tournament, keterampilan kolaboratif

Authors

  • One Teladaningsih Universitas kristen satya wacana
  • Mawardi Mawardi PPG SD-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Indi Huliana PPG SD-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1530

Keywords:

team games tournamen, keterampilan kolaboratif

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran tematik di SD Negeri Tingkir Lor 02 adalah bahwa keterampilan kolaboratif masih rendah, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang belum memuaskan. Berdasarkan masalah tersebut maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tndakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif melalui implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan kolaboratif, data aktivitas guru dan data aktivitas peserta didik, tes tertulis untuk membandingkan dan  mengetahui peningkatan pembelajaran kolaboratif yang dilakukan oleh peserta didik, dan dokumentasi untuk mengkonfirmasikan data yang diperoleh dalam observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kategoris dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaboratif yang terlihat peningkatan rata-rata skor peserta didik setiap siklus. Rata-rata keterampilan kolaboratif dari siklus I sebesar 78,22, pada siklus II meningkat menjadi 93,18 sehingga diperoleh persentase peningkatan keterampilan kolaboratif sebesar 16,05%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

One Teladaningsih, Universitas kristen satya wacana

mahasiswa PPG Prajabatan Besubsidi 2018 Universitas Kristen Satya Wacana

References

Anggis, E, V. (2016). Penerapan Model Kooperatif JIGSAW berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif dan Hasil Belajar Kognitif.Proceeding Biology Education Conference.13(1), 493-497.

Artati, K, Y. Agung, A, A, G. Wibawa, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2), 1-11.

Aviska, K, C, W. Mawardi, Astuti, S. (2018). Peningkatan Critical Thingking dan Collabotartive Skill Matematika Melalui Model Grup Invertigation. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2), 129-138.

Cahyaningsih, U.(2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas.3(1), 1-5.

Christian, R. Mawardi. Astuti S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Student Team Achievment Divisions (Stad) dan Teams Game Tournament (TGT) Siswa Kelas 4 SD.JTIEE. 2(1), 75-84.

Devi, V,P. Wahyudi. Indarini, E. (2018). Penerapan Metode Numbered Heads Together Berbantuan Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas 4 SDN 3 Kuripan.KALAM CENDEKIA.6(3.1), 16-20.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Harahap, S.(2018). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Siswa Kelas 5 SD Negeri 164525 Tebing Tinggi.Elementary School Journal.8(2), 101-109.

Huda, Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Maisaroh, S. (2011). Upaya Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Pendidikan Ekonomi Sinamika Pendidikan. 6(2), 151-169.

Pamungkas, D, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Memahami Prinsip Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Kelas Xi SMK Hamong Putera 2 Pakem. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta. 7(2), 107-117.

Pratiwi, A, E. Prihatni, Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Negeri Gedongtengen Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.4(2), 338-346.

Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan menengah Kurikulum 2013

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Slavin, Robert.E, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Penerjemaah: Lita, Bandung: Nusa Media, 2009.

Suaeb, S. Degeng,I, N, S. Amirudin, A. .(2018).Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Turnament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar.Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian dan Pengembangan.3(1), 146-154.

Wahyuni, K, M. Putra M, Darsana I, W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Turnament (TGT) Melalui Variasi Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Batuan Sukawati Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1), 1-10.

Warsono,Harianto. 2013. Pembelajaran Aktif .Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Wilujeng,S.(2013).Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams Games Tournament (TGT).Journal of Elementary Education.2(1)

Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad Ke-21: Bagaimana Membelajarkan dan Mengaksesnya. Jurnal Biologi-FMIPA-Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2019-08-01