PENGGUNAAN PHET UNTUK MENGHUBUNGKAN KONSEP STEM DAN DINAMIKA SOSIAL SAINS DALAM KELAS VI DI SDN 4 GAMBIRAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15230Keywords:
Pendidikan, Stem, PhET, Sosial Sains, Pembelajaran IPA, SiswaAbstract
Penerapan STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) dapat menarik perhatian dunia pendidikan sebagai pendekatan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran danĀ teknologi. STEM menjadi salah satu alternatif yang tepat dengan pendekatan keterampilan abad 21 karena penerapannya dalam dunia nyata yang mencantumkan empat pokok pembelajaran menjadi satu. PhET (Physics Education Technology) adalah suatu teknologi berupa simulasi yang membantu siswa dalam memahami konsep pembelajaran yang berbasis perhitungan dan sains. Artikel ini membahas hubungan antara penerapan STEM menggunakan simulasi PhET dengan pendekatan social science untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran ipa, matematika, dan sains. Dalam artikel ini, kami menyajikan temuan dari beberapa penelitian serta meneliti langsung kegiatan penerapan STEM melalui simulasi PhET di kelas 6 SDN 4 GAMBIRAN yang mendukung integrasi STEM menggunakan simulasi PhET melalui pendekatan social science untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran yang berbasis perhitungan dan sains.Downloads
References
Abdi, M.U., Mustafa, dan U. T. Pada. (2021). Penerapan Pendekatan STEM Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(3):209-218.
Arifin, M. M., S. Handono, A. Harjianto. (2022). Efektivitas penggunaan simulasi phet dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 11(1), 16-27.
Hamimi, E., E. Yulianti, I. J. Fitriyah, Y. Affriyenni, Y. Mulyati, dan U. D. Zuhriyah. (2022). Stem Project Based Learning. Malang: Penerbit Rena Cipta Mandiri.
Haryanti, F. D. dan D. Puspitaningrum. (2023). Implementasi ice breaking sebagai pematik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Jurnal Al-Ilmi. 4(1), 99-106.
Laksono, dan B. Adi. (2023). Teori dan praktik pembelajaran STEAM pada anak usia dini. Malang: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (science, technology, engineering, mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA. 13(1):34-45.
Muzana., S.R., S. P.Y. Lubis dan Wirda. (2021). Penggunaan simulasi PHET terhadap efektifitas belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236
Nurhaliza, P. dan Y. Syafitri. (2021). Meta analisis pengaruh penerapan stem dalam model pembelajaran pada mata pembelajaran IPA dan fisika terhadap keterampilan siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 171-178.
Nuragania, B., Nadiroh, dan H. Usman. Pembelajaran stem di sekolah dasar: implementasi dan tantangan stem. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 187-197.
Pambayun, P. P. dam N. Shofiyah. (2023). Sikap siswa terhadap STEM : Hubungannya dengan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 10(2): 513-524.
Pranata, O. D., Seprianto, I. Adelia, S. R. Darwata, dan Noperta. (2022). Science outreach at madrasa menggunakan simulasi Phet(Physics Education Technology). RANGGUK:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2):1-9.
Ramadani, E. M. dan Nana. (2020). Penerapan problem based learning berbantuan virtual lab PhET pada pembelajaran fisika guna meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA: literature review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako . 8(1), 87-92.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Singgih, S., N. Dewantari, dan Suryandari. (2020). Stem dalam pembelajaran IPA di era revolusi industry 4. 0. suryandari Indonesian journal of natural science education, 3(2):34-42.
Turmuzi, M. dan Wahidaturahmi. (2021). Analisis Kompetensi profesional dan pedagogik mahasiswa pendidikan matematika dalam implementasi kurikulum 2013. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Research and Learning Education, 3(3):341-354.
Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis stem untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1): 109-117.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.