KONSEP KOMPENSASI DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Authors

  • Mukhtar Rosyid UIN Raden Intan Lampung
  • Nurani UIN Raden Intan Lampung
  • Heri Risdiyanto UIN Raden Intan Lampung
  • Subandi UIN Raden Intan Lampung
  • Eti Hadiati v

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14969

Keywords:

Employee Performance, Compensation, Organization

Abstract

Salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan oleh organisasi terkait dengan peran sumber daya manusia adalah masalah kompensasi. Keadilan dalam pemberian kompensasi telah menjadi isu dalam berbagai literatur sumber daya manusia. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui konsep Kompensasi dalam Manajemen sumber daya manusia. Jenis Penelitian ini adalah penelitian literature review. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima baik berupa fisik maupun non fisik. Adanya kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan tentu menimbulkan dampak positif yang mampu memberikan keuntungan, baik untuk perusahaan maupun karyawan. Kompensasi dapat disebut sebagai penghargaan ataupun balas jasa dari perusahaan kepada karyawan sebagai balas jasa atas kontribusi yang diberikan karyawan kepada perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danuji, S., & Rahadhini, M. D. (2012). Efek moderasi kompensasi pada pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Sumber daya Manusia, 6(2), 115-128.

Hadari Nawawi, Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011), hal. 42.

Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: BPFE, 2003), hal. 4.

Jannah, M. (2021). Manajemen sumber daya manusia.

Nawawi, H. (2001). Manajemen sumber daya manusia.

Setyo Widodo, D., & Yandi, A. . (2022). Model Kinerja Karyawan: Kompetensi, Kompensasi dan Motivasi, (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.1

Uyun, N. (2021). Manajemen sumber daya manusia.

Downloads

Published

2024-06-23

Most read articles by the same author(s)