EFEKTIVITAS PENERAPAN STELLARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ASTRONOMI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH PERTAMA DALAM MENENTUKAN WAKTU SHOLAT MAGHRIB

Authors

  • Rini Indriani Universitas Jember
  • Kholifatun Khasanah Universitas Jember
  • Sayu Sukma Sejati Universitas Jember
  • Diranti Dwi Aprilia Universitas Jember
  • Devi Aryanti Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14964

Keywords:

Pendidikan, IPTEK, Astronomi

Abstract

Era globalisasi yang semakin pesat menuntut kita untuk mampu beradaptasi dengan IPTEK. Di era modern seperti sekarang ini pengetahuan tentang teknologi sangat diperlukan, karena teknologi yang semakin canggih dapat memudahkan kita untuk melakukan segala macam bentuk pekerjaan di bidang pendidikan. Penerapan teknologi dalam pembelajaran semakin menjadi fokus dalam meningkatkan efektivitas pendidikan, terutama dalam bidang sains seperti astronomi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penerapan Stellarium sebagai media pembelajaran terhadap pemahaman konsep astronomi dan kemampuan problem solving siswa dalam menentukan waktu sholat dhuhur. Dengan menggunakan metode eksperimental, siswa diberikan pembelajaran dengan memanfaatkan Stellarium sebagai alat bantu visual, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Stellarium secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep astronomi dan kemampuan problem solving siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami potensi teknologi dalam pendidikan sains, serta implikasinya terhadap pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran di era IPTEK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acut, D. P., & Latonio, R. A. C. (2021). Utilization of stellarium-based activity: Its effectiveness to the academic performance of Grade 11 STEM strand students. Journal of Physics: Conference Series, 1835(1): 1–6.

Budiwati, A. (2021). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Falak Daring Melalui Website. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 3(1) : 337-350.

Muthmainnah dan F. S. Santoso. (2020). Pemanfaatan Sains dan Teknologi dalam Pengukuran Arah Kiblat di Indonesia. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 10(2) : 149-162.

Darwati dan M. R. Syarif. 2020. Uji Akurasi Awal Waktu Shalat Berdasarkan Hisab Kontemporer Di Masjid Kelurahan Macanang Kabupaten Bone. Jurnal Hisabuna: 1(3): 49-68.

Etriya, R. 2023. Pemanfaatan Stellarium Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Dorokandang. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora.

Maulana M. I. dan Matsuri. 2023. Stellarium Assisted Celestial Coordinate Learning to Encourage Students’ Concept Comprehension and Digital LiteracyStellarium Assisted Celestial Coordinate Learning to Encourage Students’ Concept Comprehension and Digital Literacy. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 14(1): 1-8.

Najib, M. dan D. C. Chusna. 2023. Waktu Sholat Daerah Kutub Dalam Kitab Al-Ma'ayiir Al-Fiqhiyyah Wa Al-Falakiyyah Fi Idad At-Taqowiim Al-Hijriyyaje Problem Dan Solusinya. MIYAH: Jurnal Studi Islam. 19(1): 167-178.

Pilendia, D. (2022). Stellarium sebagai Media Pembelajaran Fenomena Astronomi: Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(1): 525-532.

Putraga, H., A. J. Rakhmadi, M. Hidayat, dan M. D. Firdaus. (2022). Studi Konstelasi Peradaban Arab dari Kitab Suwar Al-Kawakib Al-Thabita Menggunakan Software Stellarium. Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam. 13(2): 313-328.

Ruknanto, A.M. Fatmawati, dan A. Faisal. (2023). Komparasi Software Stellarium dan Accurate Times dalam Penentuan Waktu Salat Duhur. Jurnal Hisabuna. 4(1): 1-13.

Setiawan, H. R. dan H Putraga. (2020). Stellarium & Google Earth (Simulasi Waktu Salat dan Arah Kiblat). Medan : UMSU Publication.

Downloads

Published

2024-06-23