MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14960Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based LearningAbstract
Seiring berkembangnya zaman harus diimbangi dengan kualitas sumber daya manusianya. Tentu saja hal ini sesuai dengan tujuan belajar matematika, yaitu membekali peserta didik dengan kemampuan memecahkan masalah. Guru mempunyai tugas untuk membantu peserta didiknya membiasakan diri memecahkan masalah kontekstual sehingga mereka dapat memperoleh kemampuan tersebut. Dengan demikian, sangatlah penting bagi peserta didik untuk mendapatkan pengajaran yang meningkatkan kemampuan ini. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas digunakan untuk mempelajari bagaimana PBL mempengaruhi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada 32 peserta didik SMP kelas VIII dengan dilakukannya dua siklus. Berdasarkan temuan penelitian, skor kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat dari 68 pada pra-siklus menjadi 123 pada siklus I dan kemudian menjadi 227 pada siklus II. Indikator kemampuan pemecahan masalah memenuhi kriteria baik untuk memahami permasalahan, merumuskan rencana tindakan, dan membenarkan atau memverifikasi keakuratan solusi yang ditemukan sedangkan indikator melaksanakan rencana memenuhi kriteria sangat baik.Downloads
References
Hadiyah, Nitta. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA dalam menyelesaikan masalah ekologi. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Hikmawati, N. (2018). Analisa kesiapan kognitif siswa SD/MI. Kariman, 06(01), 109–128.
Isnaini, Siti. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan metode problem solving pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Bumiharjo tahun pelajaran 2017/2028. Skripsi. Metro: Institut Agama Islam Negeri Metro.
Riau, B. E. S., & Junaedi, I. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran pbl. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 167. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer.
Sukmawarti, Hidayat, dan Oca Liliani (2022). Implementasi model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 886–894. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061.
Tareq Ghifari, M. E. F. H. R. (2023). Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 134–150. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i2.10020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.