PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI GEOMETRI DAN PENGUKURAN SEKOLAH DASAR

Authors

  • Temon Sri Rejeki Universitas Negeri Semarang
  • Nursiwi Nugraheni PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14867

Keywords:

Media Pembelajaran Android, Geometri, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dalam mata pelajaran matematika dengan fokus pada materi geometri dan pengukuran kelas IV. Metode penelitian yang diterapkan adalah R&D berdasarkan model Borg and Gall, yang meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi desain, dan uji coba pemakaian. Validasi dari ahli media mencapai 93%, ahli materi sebesar 80%, dan ahli bahasa memberikan nilai sebesar 91,67%. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media tersebut layak untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Bukti yang mendukung hal ini adalah hasil uji t dengan nilai sig 0,000 < 0,05, hasil peningkatan rata-rata sebesar 0,582 yang dikategorikan sedang dan cukup efektif, dan uji ketuntasan belajar menunjukkan hasil belajar sudah tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrizal, M., Guntur, & Pahlifi, D. M. (2020). The use of android media in improving students’ motivation in learning sports physiology. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 012075. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012075

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran MathSC berbasis android menggunakan App Inventor 2 pada materi barisan dan deret aritmatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 926–938.

Apsari, A., & Budiastuti, E. (2021). Developing an android-based learning media of making shirt collar for vocational school students. Journal of Physics: Conference Series, 1833(1), 012055. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1833/1/012055

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Rajawali Pers. https://books.google.co.id/books?id=7zeHYgEACAAJ

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Cetakan Pertama). Referensi Jakarta.

Cahya, R. N., Suprapto, E., & Lusiana, R. (2020). Development of Mobile Learning Media Based Android to Suport Students Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1), 012010. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012010

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama. https://books.google.co.id/books?id=LO3azwEACAAJ

Keputusan Kepala BSKAP Nomor 33/H/KR/2022, Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka (2022).

Phoa, M. O., Reynard, D., Nugroho, A. C., & Sanjaya, R. (2021). 10 Ide Aplikasi Bisnis dengan MIT App Inventor 2 (Edisi Digital 2021). PT Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=euBWEAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PP1&dq=mit%20app%20inventor%202&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q&f=false

Satyaputra, A., & Aritonang, E. (2016). Let`s Build Your Android Apps with Android Studio. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=bC1IDwAAQBAJ

Setiyani, S., Fitriyani, N., & Sagita, L. (2020). Improving Student’s Mathematical Problem Solving Skills through Quizizz. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 5(3), 276–288.

Sudjana. (2005). METODA STATISTIKA (Edisi keenam). PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Alfabeta.

Sumarwati, S., Fitriyani, H., Azhar Setiaji, F. M., Hasril Amiruddin, M., & Afiat Jalil, S. (2020). Developing Mathematics Learning Media Based on E-Learning using Moodle on Geometry Subject to Improve Students’ Higher Order Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(04), 182. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i04.12731

Tristanti, L. B., Akbar, S., & Rahayu, W. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa.

Van de Walle, J. A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan menengah Jilid 2 edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2024-06-19