IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP NEGERI 5 SAMARINDA

Authors

  • Abdi Nur Ihsan Universitas Mulawarman
  • Evie Palenewen Univeritas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14843

Keywords:

Culturally responsive teaching, Hasil belajar matematika, Penelitian tindakan kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa VIII G dengan menerapkan metodologi Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus untuk penelitian ini. Terdapat dua kali pertemuan pada tahap perencanaan, penilaian dan refleksi setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah tiga puluh siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Samarinda tahun ajaran 2023–2024. Tes hasil belajar matematika menjadi data penelitian. Analisis kuantitatif merupakan metode analisis data yang digunakan. Rata-rata skor hasil belajar matematika pada siklus 1 sebesar 81,34 dengan persentase ketuntasan sebesar 80%, rata-rata skor hasil belajar matematika pada siklus 2 sebesar 86 dengan persentase ketuntasan sebesar 90%, dan rata-rata skor hasil belajar matematika pada prasiklus adalah 75,67 dengan persentase penyelesaian 66,67%, menurut analisis data penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Samarinda dapat mencapai hasil belajar matematika yang lebih baik jika digunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, S. D., Samputri, S., Rasyid, A., & Suryani, S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching SMP Negeri 1 Malili. Jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran, 5(2), 923-930.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gustiwi, Y. (2017). Studi Tentang Penerapan Culturally Responsive Teaching untuk Mengembangkan Soft Skills Siswa pada Materi Larutan Elektrolit Dan Redoks (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Khalisah, H., Firmansyah, R., Munr, K., & Kuntoyono, K. (2024). Penerapan PjBL (Project Based Learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1-9.

Khasanah, I. M. (2023). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. ALIFBATA: Journal of Basic Education, 3(2), 7-14.

Msari, J., Titin, T., & Juniardi, D. (2024). Pengaruh Pendekatan CRT dalam Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. Eksakta: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 9(1), 81-86.

Mardiyanti, N. E. A., Kurdaningsih, K., & Sanjaya, I. G. M. (2024). Implementasi Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Madiun. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 126-130.

Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar.

O’Leary, E. S., Shapiro, C., Toma, S., Sayson, H. W., Levis-Fitzgerald, M., Johnson, T., & Sork, V. L. (2020). Creating inclusive classrooms by engaging STEM faculty in culturally responsive teaching workshops. International Journal of STEM education, 7, 1-15.

Zain, W. W., Amaria, A., & Estriana, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Nanoteknologi Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4554-4565.

Downloads

Published

2024-06-11