STUDI LITERATUR : PENGARUH PERBEDAAN GENDER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14813Keywords:
Gender, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh perbedaan gender terhadap hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dengan analisis deskriptif sebagai pendekatan utama. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun telah ada penelitian yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan, masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk memahami faktor-faktor yang memediasi hubungan tersebut secara spesifik dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat kesenjangan antara kebijakan kesetaraan akses pembelajaran yang diatur oleh pemerintah dan implementasinya di lapangan, yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara keseluruhan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesetaraan akses pembelajaran dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi kontribusi penting dalam pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan berkeadilan di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Anggraini, N. P., Budiyono, & Pratiwi, H. (2019). Cognitive Differences Between Male And Female Students In Higher Order Thinking Skills. Journal Of Physics: Conference Series, 1188, 012006.
Apriani, E. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Dan Perbedaan Gender. Jurnal Issues In Mathematics Education (Imed), 1(1), 7–11.
Charisma, N., Heldayani, E., & Tanzimah, T. (2022). Pengaruh Karakteristik Gender Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri 32 Palembang. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 257–268.
Choi, Y.-S. (2023). A case study of individual contextual characteristics impact on korean elementary school students’ interest in science using phase of interest development and the process-person-context-time models. Asia-Pacific Science Education, 9(1), 142–173.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education And Development, 8(2), 468–468.
Fakhiroh, S., Afriza, E. F., & Solihat, A. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Gender. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(9), 4331-4341.
Hasanah, S., Supriadi, N., Wahyu, R., & Putra, Y. (2020). Penerapan Problem Solving Berbantuan Lead Aq Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 141– 152.
Johnson, B., Reschly, A. L., Martin, R. P., Pinzone, C., & Appleton, J. J. (2024). Student engagement in elementary school: Profiles and associated characteristics. Journal of Education for Students Placed at Risk (JESPAR), 29(2), 83–104.
Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Uny Press.Https://Shorturl.At/Bdtdh
Nafi’an, M. (2021). Penyelesaian Soal Cerita Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gender. Jurnal Bsis, 3.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597.
Sari, S. I., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Integrated Elementary Education, 3(1), 1–15.
Sofyan, 4ntonsofyan@Gmail.Com, A. (T.T.). Pentingnya Pendidikan Sekolah Dasar. Diambil 12 Mei 2024, Dari Https://Shorturl.At/Appv3
Utami, N. E. S., & Yonanda, D. A. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 144–149.
Permatasari, S. D. A., Budiyono, & Pratiwi, H. (2020). Does Gender Affect The Mathematics Creativity Of Junior High School Students? Journal Of Physics: Conference Series, 1613(1), 012036.
Permen Pppa No. 6 Tahun 2023 Tentang Parameter Kesetaraan Gender Dalam Peraturan Perundang-Undangan Dan Instrumen Hukum Lainnya. (T.T.).
Putra, D. A. (2018). Kesetaraan Gender Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 89–96.
Widodo, A. N. A., & Amalia, S. R. (2020). Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gender. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 158–165.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.